Anak Sebagai Investasi Akhirat Juga Perhiasan Dunia  

anak harta tahta

 

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu tujuan dan hakikat menikah atau berkeluarga adalah adanya anak sebagai penerus generasi. Harapannya tentu menjadi pelanjut kebaikan orangtuanya juga menjadi wasilah orangtua mendapat aliran kebaikan mesti telah tiada.

 

Selain berharap pada amal ibadah selama hidup di dunia, orangtua juga berharap bahwa anak yang telah dididik dengan susah payah akan mampu menyelamatkan mereka dari siksa api neraka. Ya, selain sedekah jariah dan ilmu yang bermanfaat, doa dari anak yang shaleh juga merupakan amalan yang pahalanya akan senantiasa mengalir meski kita sudah meninggal dunia.

 

Rasulullah Saw. bersabda, “Apabila manusia mati maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara: sedekah jariah, ilmu bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya” (HR.Muslim).

 

Inilah salah satu alasan mengapa seorang muslim atau orang beriman harus menikah dan mempunyai keturunan atau anak. Selain sebagai wujud buah kasih sayang orangtua, anak juga diharapkan akan mengalirkan kebaikan baik di dunia maupun nanti di akhirat.

 

BACA JUGA: 3 Doa Nabi Ibrahim Agar Mempunyai Anak Shaleh 

 

Selain itu kehadiran anak juga merupakan salah satu bentuk perhiasan di dunia. Sebagai sebuah perhiasan anak tentunya diharapkan dapat mendatangkan kesenangan. Namun sebagaimana perhiasan lainnya, kita tidak diperkenankan untuk menyombongkannya. Allah Swt. berfirman,

 

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shaleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (Q.S. Al-Kahfi [18]: 46)

 

Bermodal empat pemahaman terhadap kedudukan anak tersebut, saatnya orangtua bangkit dan melaksanakan kewajiban utamanya terhadap anak, yaitu memberikan perhatian, pengawasan, dan pendidikan yang baik agar kelak mereka menjadi generasi yang dapat memberi manfaat bagi orangtua, bangsa, negara, dan agamanya. [ ]

 

Disarikan dari buku Golden Parenting karya Dr.Aam Amiruddin,MSi

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

 

(Visited 114 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment