Rakaat Shalat Dhuha Sesuai Sunnah, 2 Rakaat atau 12 Rakaat ?

 

Assalamualaikum. Pak Aam, terkait dengan jumlah rakaat Shalat Dhuha yang utama berapa rakaat? Saya biasa mengerjakan 4 rakaat dengan 2 kali salam. Namun kata saudara saya boleh mengerjakan sampai 12 rakaat bahkan lebih. Mohon penjelasannya. (Herlin via email)

 

 

Waalaikumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Shalat Dhuha termasuk salah satu shalat sunnah yang diwasiat oleh Rasulullah Saw. bagi para sahabat. Seperti yang disampaikan Abu Hurairah r.a,

 

Kekasihku (Nabi Muhammad Saw.) telah mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara; shaum tiga hari setiap bulan, dua rakaat Dhuha, dan witir sebelum tidur” (H.R. Bukhari).

 

Hukum shalat Dhuha ini termasuk sunah muakadah atau shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

 

Selain itu keutamaan shalat Dhuha ini bisa kita lihat dari keterangan yang disampaikan oleh Abu Dzar r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

 

Setiap persendian kita wajib mengeluarkan sedekah. Setiap tasbih (Subhanallah) adalah sedekah; setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah; setiap tahlil (Laa ilaaha illaallah) adalah sedekah; setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah; mencegah dari yang mungkar juga sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat Dhuha” (H.R. Muslim).

 

Nah, terkait dengan jumlah rakaatnya shalat Dhuha bisa dilaksanakan dua rakaat, empat rakaat, bahkan sampai delapan rakaat. Keterangan-keterangan yang menguatkan hal tersebut adalah sebagai berikut.

 

Dari Mua‘dz r.a., dia bertanya kepada Aisyah r.a., “Berapa jumlah rakaat Rasulullah Saw. ketika menunaikan shalat Dhuha?” Aisyah menjawab, “Empat rakaat dan beliau menambah bilangan rakaatnya sebanyak yang beliau suka” (H.R. Muslim dan Ibnu Majah).

 

BACA JUGA: Tips Rajin Shalat Tahajud

 

Kemudian dari Ummu Hani r.a. berkata, “Rasulullah Saw. berdiri untuk mandi, maka Fatimah menghalanginya, lalu beliau mengambil pakaiannya kemudian berselimut dengan pakaian itu, lalu shalat delapan rakaat shalat sunah Dhuha” (H.R. Muslim).

 

Dari keterangan tersebut, telah jelas bahwa Rasulullah Saw. melaksanakan shalat Dhuha dengan dua rakaat, empat rakaat, atau delapan rakaat. Beberapa keterangan shahih menyebutkan bahwa semua shalat itu dilakukan dengan satu kali salam. Namun, ada juga keterangan yang menyebutkan salam setiap dua rakaat.

 

Jadi Anda boleh mengerjakan 4 rakaat dengan 2 kali salam atau sekali salam. Anda juga boleh mengerjakan hingga 12 rakaat. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

 

 

(Visited 2,022 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment