Shalat Ashar Di Akhir Waktu, Apakah Termasuk Melalaikan Shalat?

0
189

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya adalah karyawan di salah satu perusahaan swasta yang jam pulang kantornya pukul 04.00 dan baru sampai di rumah sekitar pukul 04.30. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah saya termasuk orang yang melalaikan shalat jika setiap hari shalat Ashar pukul 05.00 (sesampainya di rumah karena di kantor ada peraturan tidak boleh shalat waktu kerja)? Mohon penjelasannya ( Andi via email)

 

iklan

 

 

Wa’alaykumsalam Wr.Wb. Iya saudara Andi, bapak ibu, mojang bujang dan sahabat-sahabat sekalian. Menurut para ulama menetapkan seseorang dikatakan lalai dalam shalat apabila memenuhi tiga kriteria berikut:

  1. Mengabaikan awal waktu (shalat) secara terus menerus sehingga shalat selalu dilaksanakan menjelang batas akhir waktu shalat tanpa alasan syar’i.
  2. Mengabaikan tata cara shalat seperti yang telah dicontohkan Rasulullah Saw.
  3. Mengabaikan kualitas shalat dengan tidak ada ikhtiar untuk senantiasa khusuk dalam shalat dengan mendalami isi dan kandungan makna doa yang dibaca dalam shalat.

 

Mengenai apakah Anda termasuk yang melalaikan shalat atau tidak karena senantiasa shalat Ashar di kisaran pukul 05.00, jawabannya cukup relatif. Tergantung kondisi darurat Anda, namun sekiranya ada cara atau alternatif Anda bisa mengerjakan lebih awal tentu lebih baik. Kondisi darurat juga harus ada kriteria syar’inya dan tidak berulang-ulang. Coba kita perhatikan peringatan Allah,

 

“Maka, celakalah orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,” (QS.Al Ma’un: 4-5)

Sementara kriteria orang yang melalaikan menurut para ulama seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Kiranya ini cukup jelas dan bisa menjadi kehati-hatian kita dalam melaksanakan ibadah shalat.

 

Sekali lagi, apakah shalat Ashar yang  Anda kerjakan termasuk di akhir waktu atau masih di tengah waktu, semua dikembalikan kepada alasannya. Apakah alasannya syar’i atau tidak.

 

Namun, jika melihat alasan yang Anda kemukakan, menurut hemat saya alangkah baiknya jika Anda berikhtiar untuk tidak selalu melaksanakan shalat Ashar di jam tersebut. Misalnya, sebelum melakukan perjalanan pulang, carilah masjid atau mushalla terdekat dari tempat kerja sehingga shalat bisa dilakukan lebih awal.

 

BACA JUGA: Hukum Shalat Ashar Diwaktu Maghrib

 

Kita harus senantiasa menjaga shalat terutama usahakan diawal waktu dengan berjamaah. Ada banyak keutamaan jika shalat diawal waktu atau kita mampu menjagawaktu  shalat , seperti dijanjikan oleh Allah , kita akan mewarisi Surga Firdaus,

 

Sungguh, beruntung orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya, serta orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang yang akan mewarisi, yakni mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”  ( QS.Al- Mu’minun: 8 -11)

 

Ayat ini hendaknya mampu memotivasi kita untuk selalu memelihara waktu shalat. Ada pahala bahkan kenikmatan surga yang akan kita dapatkan jika senantiasa memelihara shalat yakni kenikmatan menjadi penghuni Surga Firdaus. Demikian jawabannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait pembahasan bab shalat ini lebih detail berikut dalilnya, Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU?“. Didalamnya ada pembahasan bab praktik shalat berikut contoh-contohnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

964

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/