Balas Bogo, Si Bercak Kulit Yang Mengganggu

0
266

 

 

iklan

 

Oleh: dr. Diah Puspitosari, SpKK*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Pernahkah anda memperhatikan adanya bercak putih yang sering kali ditemukan terutama pada kulit wajah anak-anak?

 

Dalam istilah bahasa Sunda, kelainan kulit ini disebut sebagai balas bogo. Namun nama sebenarnya adalah Pitiriasis alba. Kelainan kulit ini merupakan proses peradangan pada kulit yang tidak spesifik dan belum diketahui persis penyebabnya.

 

Pitiriasis alba ditandai dengan adanya bercak kemerahan atau keputih-putihan yang terkadang disertai adanya sisik-sisik halus, yang umumnya tidak terasa gatal dan tidak menimbulkan keluhan lain. Kerena warna dan sisiknya yang mirip, sering kali bercak ini disangka sebagai panu.

 

Pitiriasis alba sering ditemukan pada anak-anak usia 3 sd 16 tahun, baik pada laki-laki maupun perempuan. Paling banyak ditemukan di wajah, terutama sekitar mulut, dagu, dan pipi.

 

Namun sebetulnya bercak ini dapat pula ditemukan di badan dan anggota gerak. Adanya riwayat alergi pada pasien dan anggota keluarga diduga merupakan pula faktor pencetus timbulnya kelainan kulit ini.

 

Bagaimana pengobatannya?

 

Setelah beberapa bulan, umumnya kelainan kulit menghilang dengan sendirinya, sehingga pengobatan spesifik tidak terlalu diperlukan. Dokter spesialis kulit umumnya akan memberikan semacam pelembab untuk mengurangi sisik-sisik yang terlihat. Obat oles yang bersifat mengurangi peradangan atau kemerahan akan diberikan apabila diperlukan. Semoga bermanfaat, salam cantik dan sehat. [ ]

 

5

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke: [email protected]  .atau [email protected], dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

970