Cara Mengatasi Hati Gelisah, Bagaimana Dalam Islam?

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, mohon nasihatnya dalam beberapa bulan ini hati saya selalu resah dan gelisah terkadang hingga terbawa larut malam dan saya tidak bisa tidur. Bagaimana mengatasinya? ( D via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Bapak ibu,mojang bujang dan sahabat-sahabat sekalian, tentu dalam hidup setiap orang sempat atau pernah mengalami kegelisahan atau keresahan. Setiap orang mempunyai problematika hidup yang berbeda-beda dan bisa jadi itu membuat seseorang menjadi gelisah. Setiap orang juga mempunyai cara dan jalan keluar yang berbeda pula dalam menyelesaikan persoalan hidup tersebut.

 

Secara umum sebagai umat Islam , orang-orang yang beriman mempunyai panduan atau pedoman hidup yakni Al Quran. Dalam Al Quran ada panduan bagaimana kita terhindar dari rasa gelisah dan resah dalam menghadapi dinamika kehidupan ini yakni dengan mengingat Allah atau berdzikir. Kita bisa baca dalam Al Quran dimana Allah memerintah kepada hamba-Nya untuk senantiasa mengingat-Nya agar hati menjadi tenang dan tentram,

 

yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah (dzikir). Ingat, hanya dengan mengingat Allah (dzikir), hati menjadi tenteram” ( QS.Ar-Ra’d: 28)

 

Selain itu ada beberapa amalan atau aktivitas yang bisa membuat hati menjadi tenang, tentram dan senantiasa bersyukur dan bahagia. Diantaranya adalah senantiasa membaca Al Quran, wudhu, shalat sunnah, berdzikir atau pun berdoa agar diberikan hati yang tentram.

 

Dalam Al Quran maupun Hadits ada banyak ayat atau tuntunan Rasulullah dalam berdoa. Seperti dalam Al Quran diajarkan untuk berdoa,

 

 

 

“Ya Tuhan kami, limpahkan kesabaran kepada kami, kukuhkan langkah kami, dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” ( QS.Al-Baqarah: 250)

 

Tentunya masih banyak lagi tuntunan doa yang bisa kita amalkan. Kalau pun Anda tidak bisa berdoa dengan bahasa Arab atau tidak hafal ayat doa yakni apa yang ada dalam Al Quran atau dalam hadits maka Anda bisa berdoa sesuai dengan bahasa sehari-hari yang Anda gunakan. Yakinlah bahwa Allah Maha Tahu dan Maha Mendengar.

 

BACA JUGA : Cara Menjaa Hati Agar Bersih

 

Nah, terkait kegelisahan atau keresahan Anda, saya tidak tahu persis apa penyababnya sehingga tidak bisa detail memberikan saran. Ada baiknya Anda datang atau berkonsultasi dengan seorang psikolog atau psikiater. Anda bisa menceritakan sebab musababnya dan mereka (psikolog atau psikiater) akan memberikan solusinya. Anda yang lebih tahu sebabnya Anda gelisah bahkan hingga tidak bisa tidur tersebut. Bisa jadi Anda mengalami persoalan kejiwaan maka seorang psikolog atau psikiater lebih tepat untuk mencari solusinya.

 

Sebab jika tidak diobati maka persoalan kejiwaan juga bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Orang yang gelisah itu akan susah tidur sehingga kurang tidur, susah makan, tidak punya selera makan, malas olah raga dan sebagainya yang ujungnya akan mengganggu kesehatan fisik Anda.

 

Jadi secara umum untuk menghilangkan kegelisahan hati, perasaan cemas dan sebagainya maka sebagai seorang yang beriman adalah banyak-banyak mengingat atau berdzikir kepada Allah. Namun sekali lagi, Anda yang lebih tahu sebabnya Anda gelisah maka ada baiknya Anda konsultasi kepada psikolog atau psikiater. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait dengan doa dan tuntunannya ini Anda dan mojang bujang serta sahabat sekalian bisa baca buku saya yang berjudul “DOA ORANG-ORANG SUKSES”. Di dalamnya ada contoh-contoh doa berikut dalil atau sumbernya yang shahih serta tata cara berdoa agar dikabul Allah Swt. Wallahu’alam . [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 635 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment