Mengenal Kaligata, Penyebab Gatal Mengganggu

 

 

Oleh: dr Diah Puspitosari, SpKK *

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Urtikaria merupakan penyakit kulit yang sangat sering kita jumpai. Dikenal pula dengan istilah biduran atau kaligata, penyakit ini dapat bersifat akut ataupun kronik.

 

Urtikaria dapat ditemukan pada semua usia, namun lebih banyak terjadi di usia muda. Mereka yang memiliki kecenderungan sifat alergi (atopi) lebih mudah mengalami urtikaria. Penyebabnya sendiri ternyata sekitar 80% tidak diketahui secara pasti.

 

Penyebab lainnya cukup banyak antara lain obat, makanan, gigitan serangga, trauma fisik misalnya gesekan, infeksi, hingga stress psikis. Beberapa obat yang diketahui dapat menimbulkan urtikaria misalnya golongan antibiotik, anti nyeri, maupun obat penenang.

 

Makanan lebih banyak menimbulkan urtikaria akut atau yang bersifat mendadak. Contoh makanan yang dapat mencetuskan penyakit ini misalnya  telur, ikan, kacang, coklat, tomat, dll. Namun yang harus diingat bahwa tidak semua urtikaria dicetuskan oleh makanan, bahkan hanya sedikit sekali.

 

Bagaimana gejalanya?

Keluhan yang dirasakan biasanya berupa rasa gatal, rasa terbakar dan panas, atau rasa tertusuk. Kelainan kulit berbentuk bentol kemerahan atau tampak bengkak, kadang bagian tengah terlihat lebih pucat.

 

Ukurannya dapat bervariasi mulai yang kecil sebesar kepala jarum pentul hingga sebesar telapak tangan, dapat terpisah-pisah maupun berkelompok. Pada urtikaria akibat tekanan, kelainan kulit timbul di kulit yang mengalami tekanan, misalnya akibat ikat pinggang.

 

Normalnya kelainan kulit akan hilang dalam beberapa jam, namun ada pula yang menetap hingga berhari-hari. Urtikaria dapat menjadi lebih berbahaya apabila mengenai jaringan yang lebih dalam sampai dermis ataupun mengenai submukosa atau organ dalam seperti saluran nafas. Kondisi ini dapat menyebabkan keluhan sesak nafas.

 

 

Bagaimana pengobatannya?

Pemberian obat anti gatal dapat menghentikan keluhan.  Namun pengobatan ideal adalah menemukan penyebab dan menghindari penyebab yang dicurigai walaupun seringkali hal ini sulit dilakukan.

 

Apabila kelainan kulit tidak segera menghilang, atau terlalu sering terjadi hilang timbul, segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit terdekat untuk mencari tahu lebih jauh kemungkinan penyebabnya melalui pemeriksaan khusus agar segera tertangani dengan baik. Semoga bermanfaat. Salam cantik dan sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke: [email protected]  .atau [email protected], dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 5

 

Editor: iman

 

Ilustrasi foto: pixabay

 

970

(Visited 148 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment