YLKI Ingatkan Pengguna Aplikasi Umrah Harus Sadar Akan Adanya Risiko

PERCIKANIMAN.ID – – Regulasi yang belum jelas dari pemerintah terkait keamanan aplikasi umrah membuat masyarakat harus memastikannya sendiri. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau agar pengguna aplikasi selalu sadar akan risiko.

 

“Lembaga memberi perhatian ke konsumen agar lebih hati-hati saat menggunakan aplikasi,” kata Pengurus bidang pengaduan dan hukum YLKI, Abdul Basith di Jakarta, Ahad (11/2/2018).

 

Ini karena penggunaan aplikasi terkait dengan keamanan perlindungan data pribadi, klausa baku dalam ketentuan umum yang tidak jarang tidak adil, juga akses pengaduan aplikasi yang kadang minim.

 

Terkait  aplikasi umrah, masyarakat perlu memastikan kehalalan dan mekanisme yang sesuai syariah. Salah satu caranya dengan kepemilikan sertifikat dari Dewan Syariah Nasional (DSN).

 

Anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Oni Sahroni menyampaikan, sebuah lembaga yang sudah mendapat sertifikat DSN, maka bisa dipastikan proses bisnisnya terhindar dari money game. Dewan Pengawas Syariah, kata dia, akan memastikan bahwa keberlangsungan bisnis sesuai dengan ketentuan Islam.

promo oktober

 

Salah satu aplikasi umrah, MudahUmrah saat ini sedang mengurus rekomendasi dari DSN. Saat ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap konsultasi dan koordinasi untuk peroleh sertifikat.

 

Oni menyampaikan, proses konsultasi bisa dijadikan sarana bertanya dan mencari tahu tentang bisnis syariah. Hingga akhirnya rekomendasi dan sertifikat bisa dikeluarkan sebagai bukti kepemilikan bisnis sesuai aturan Islam. Selain itu, masyarakat juga bisa memastikan keamanan dengan menelusuri kepemilikan aplikasi.

 

BACA JUGA : Hukum Umrah Dengan Uang Pinjaman

 

Kata dia, perusahaan akan menempuh segala cara untuk mendapatkan kepercayaan dari publik. Sehingga, mereka akan menyertakan informasi terkait bisnis dan kepemilikannya.

 

Aplikasi umrah lain, Go-Umrah merupakan wadah pemesanan paket dan keperluan umrah. Dalam keterangannya, aplikasi ini milik PT BISA (Briliant Inside Shafira Azaria) yang merupakan bentuk kerja sama dari dua perusahaan yang memiliki latar belakang bisnis yang berbeda yaitu PT Shafira Tours &Travel dan Azaria.

Quran Terjemah Murah, Beli 5 Gratis 1

Sumber: republika.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto:

970

 

(Visited 32 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment