Malaysia dan Indonesia Jalin Kesepahaman Sertifikasi Halal

PERCIKANIMAN.ID – – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menerima kunjungan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM). Tujuh delegasi JAKIM yang dipimpin Sirajuddin bin Suhaimee ini diterima Kepala BPJPH Sukoso bersama jajarannya.

 

Menurut Sirajuddin, kunjungan JAKIM dalam rangka meningkatkan kerjasama Indonesia dan Malaysia di bidang produk halal. Delegasi Malaysia berharap dapat terbangun kesepahaman antara Indonesia dan Malaysia tentang pelaksanaan sertifikasi halal.

 

“JAKIM menyambut baik berdirinya BPJPH dan terus berupaya meningkatkan kerja sama demi kesejahteraan umat, baik bilateral maupun internasional,” papar Sirajuddin.

 

Sirajuddin juga menyampaikan rencana kunjungan Menteri  Malaysia yang menangani produk halal ke Indonesia untuk bertemu Menteri Agama. Pertemuan kedua menteri rencananya akan membahas kerja sama dibidang jaminan produk halal.

 

Sementara itu Kepala BPJPH, Sukoso menyambut baik rencana  pertemuan antar menteri tersebut.

 

“Kami dari BPJPH mengharapkan agar pertemuan antar Menteri akan meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Malaysia,” ujar Sukoso, seperti dilansir dari kemenag.go.id.

 

BACA JUGA: Tips Menghindari Produk  Berlogo Halal Palsu

 

Kerja sama di bidang produk halal antara Malaysia dan Indonesia sudah terbangun sejak lama. Berbagai forum regional telah menjadi sarana kerjasama antara Indonesia dan Malaysia. Forum tersebut antara lain:  “Kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)” yang telah digagas sejak lama.

 

Selain itu, ada juga forum MABIMS  (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang merupakan terbentuk atas kesepakatan bangsa serumpun dalam menjaga kepentingan umat Islam. Ada juga dengan kerja sama  bilateral di bidang perdagangan lainnya. (BPJPH) [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Foto: kemenag

970

 

(Visited 119 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment