Hindari Label “Cengeng” Pada Anak, Lakukan Yang Ini  

 

PERCIKANIMAN.ID – – Masih banyak orangtua yang memberi label “cengeng” kepada anaknya yang menangis atau rewel hanya karena hal yang sepele.

 

“Iya, ini anak cengeng banget!” kalimat ini justru membuat anak memakai tangisnya sebagai senjata untuk mendapatkan kemauannya. Di dalam benaknya akan tertancap label bahwa dia anak cengeng. Maka ketika dia mengalami kesulitan, dia hanya tahu satu cara mengatasinya, yaitu menangis.

 

Balita juga tidak pernah belajar mengutarakan keinginannya, pendapat atau menyelesaikan masalahnya dengan benar. Lalu apa yang bisa orangtua lakukan?

 

  • Perhatikan mana tangisan yang benar, dan mana yang pura-pura. Biasanya tangisan palsu tanpa air mata, berkepanjangan atau berlebihan. Misalnya dengan berteriak atau merusak.

 

  • Hadapi anak menangis dengan tenang, tidak berlebihan, tanyakan apa yang terjadi dan apa yang dia inginkan.

 

  • Bila anak tantrum, diamkan sejenak. Biarkan dia meluapkan emosinya sebelum Anda ajak bicara. Yang terpenting, jangan pernah menyebut balita sebagai “Anak Cengeng.”

 

Sebutan dan panggilan yang negatif akan membuatnya kurang memiliki rasa percaya kelak setelah remaja atau dewasa. Sebutan negatif tersebut akan menumbuhkan rasa minder yang jika tidak segera dibenahi akan membesar. Berilah panggilan anak dengan sebutan yang positif seperti anak hebat, anak pemberani dan panggilan baik lainnya. [ ]

 

Sumber: ayahbunda.co.id

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

950

(Visited 102 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment