Arti Cantik Dalam Islam

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam Islam, pengertian cantik tentu saja merujuk pada arti kecantikan yang hakiki dan ideal, yaitu kecantikan yang bersumber pada dimensi ruhiah (hati) dan dimensi lahiriah dalam batas tertentu. Hal ini berarti Islam tidak melarang wanita untuk berias dan memakai pakaian indah, tetapi tetap menekankan pentingnya ketakwaan kepada Allah Swt.

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan, pakaian takwa, itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf: 26)

Berias dan merawat diri bisa menjadi langkah rasa syukur muslimah terhadap nikmat yang telah Allah berikan. Selain itu, hal ini merupakan bentuk penghargaan pada diri sendiri yang akan membuat setiap muslimah lebih sayang pada diri sendiri dan pada akhirnya kembali bersyukur kepada Allah Swt.

Islam memandang puncak kecantikan wanita berbanding lurus dengan tingkat ketundukan dan kepasrahannya pada Allah Swt. Rasulullah Saw. bersabda, “Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik, maka baik pulalah seluruh tubuh. Dan, apabila ia rusak, maka rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah itu adalah hati” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ternyata, semua sumber penampakan lahiriah sangat bergantung pada hati. Hati memainkan peran esensial. Peran hati seumpama seorang komando yang mengatur dan mengontrol anggota badan lainnya dan semua tunduk kepadanya. Hati menjadi radar motivator yang menggerakkan fungsi akal, emosi, dan gerak. Semua terkoordinasi dan terintegrasi dengan sangat cantik sehingga menghasilkan dan mencerminkan pribadi muslimah yang unggul dan menawan.

Disarikan dari buku Fiqih Kecantikan karya Ust. Aam Amiruddin.

4

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

970

(Visited 226 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment