Saat Suami Akrab Dengan Wanita Lain, Ini Yang Harus Istri Lakukan

PERCIKANIMAN.ID – – Suami memiliki teman lawan jenis dan mereka sangat akrab bahkan bertingkah seperti mahram. Istri cemburu dengan hal tersebut dan sudah menasihati sang suami bahwa hal tersebut tidak boleh. Namun si suami membantah dan mengatakan tidak bisa mengubah kondisi yang ada. Ia juga sering menonton film yang terkadang berisi adegan-adegan yang tidak baik.

Suami marah ketika diingatkan, bahkan meminta sang istri untuk tidak mengganggunya. Sebenarnya suami adalah sosok yang lembut, namun temperamental, sedangkan si istri seorang yang sangat sensitif. Istri tentu sedih, cemburu, dan marah. Ia masih sangat muda dan merasa tidak mampu berinteraksi dengan masalah-masalah semacam ini.

Yang pertama sebaiknya dilakukan oleh para istri ketika dihadapkan permasalahan tersebut adalah bersyukur pada Allah yang telah menganugerahi rasa cemburu dan membantu kita menegakkan amar makruf nahi mungkar. Selanjutnya, teruslah berikan nasihat kepada suami dan kerabatnya dengan cara yang terbaik.

Jangan berputus asa sampai mendapati ada diantara mereka yang diberikan petunjuk oleh Allah melalui kita untuk meninggalkan hal-hal yang diharamkan ini. Jika sudah begitu kita akan lebih mudah untuk melakukan perubahan dan beriltizam dengan perintah agama. Memang ada kalanya seseorang merasa tidak mampu melakukan perubahan tersebut.

Jangan lupa mendoakan orang-orang yang kita dakwahi. Berlaku baiklah pada mereka dan jangan menampakkan rasa lebih tinggi atau mulia dari mereka. Sebaliknya, tunjukkanlah sikap lemah lembut dan kasih sayang kepada mereka. Sebab, hal tersebut lebih bisa diterima dan dapat menarik rasa hormat mereka pada kita meski berusia muda.

promo oktober

Selain apa yang telah disebutkan diatas, berusahalah untuk tidak ikut terbawa dalam berbagai penyelewangan yang mereka lakukan. Dengan begitu jiwa anda tidak akan disusupi rasa lemah dalam menghadapi kemungkaran ini. Terutama film-film yang tidak baik sebagaimana yang disebutkan tadi. Seorang mukmin akan selalu menghadapi fitnah. Ia akan terhindar dari fitnah tersebut dengan cara menjauhinya dan berdoa.

Adapun perasaan sedih, cemburu, dan marah, itu merupakan nikmat Allah kepada hambanya. Hal tersebut harus dikendalikan dengan kaidah syariat. Sehingga rasa sedih tersebut tidak berakibat putus asa dan yang semisalnya. Allah berfirman:

Maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka.” (QS. Fathir: 8)

BACA JUGA: Cara Menghadapi Istri Yang Pencemburu

Jika marah, jangan sampai kemarahan tersebut menyebabkan obyek dakwah lari dari dakwah. Sebab, tujuan dakwah ialah untuk memperbaiki, bukan sekadar untuk meluapkan kecemburuan dan kemarahan.

Sepanjang suami kita seorang muslim, melaksanakan shalat, apalagi ia seorang yang lembut sebagaimana yang disampaikan, bersabarlah atas dirinya dan dakwahi terus. Bisa jadi Allah akan membahagiakan kita dengan memberinya hidayah dan menuntunnya menuju jalan yang lurus.

Cobalah memikirkan musibah yang menimpa istri orang lain yang diuji dengan kondisi suami yang lebih buruk. Mudah-mudahan hal itu akan menjadikan kita memandang dan menimbang dosa-dosa suami secara benar. []

5

Dikutip dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid/ Islam-QA.com dalam buku 150 Problem Rumah Tangga yang Sering Terjadi

 

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

870

(Visited 322 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment