Cara Menghadapi Karakter Istri Yang Buruk

PERCIKANIMAN.ID – – Ada seorang istri yang selalu berperangai buruk ketika diluar rumah bersama suaminya. Sang suami selalu merasa malu dan jengkel terhadap sikap istrinya jika berhubungan dengan masyarakat. Padahal si suami selalu memenuhi kebutuhan sang istri. Selain itu, sang istri pun sebenarnya berasal dari keluarga baik-baik. Si suami curiga terhadap teman-teman dan lingkungan sang istri yang bisa jadi merupakan penyebab rusaknya akhlak istrinya. Ia pun meminta nasihat pada ustadz, apa yang harus ia lakukan dan nasihatkan pada sang istri.

Sumber permasalahan diatas bukan terletak pada tidak memberikan apa yang istri minta. Hal itu bukanlah sebuah solusi. Akan tetapi, hendaknya si suami mengambil langkah-langkaj spesifik terkait masalah tersebut, antara lain:

  1. Meyakinkan istri tentang nilai akhlak yang baik dan buruknya kesalahan-kesalahannya. Bila menyampaikannya dilakukan secara tidak langsung maka itu lebih utama. Cobalah sodorkan buku atau kaset ceramah yang membahas tentang hal tersebut.
  2. Seringlah mengajaknya untuk selalu berhubungan dengan orang-orang yang berakhlak baik, entah itu sanak kerabat, tetangga, teman sekolah, atau rekan kerja. Sebab, contoh teladan merupakan sumber yang paling penting dalam memperoleh akhlak yang baik.
  3. Suami harus memberikan teladan bagi istri dalam akhlak yang baik maka suami pun harus berakhlak yang baik pula dalam kehidupan rumah tangga.
  4. Bantulah istri dalam mengatasi permasalahan. Berilah saran-saran positif untuk hal tersebut daripada sekedar mengkritik dan mencelanya.
  5. Berilah pujian atas keberhasilannya, walau sekecil apapun daripada mengkritik kegagalan-kegagalannya. Selain itu, jangan mengharap suatu perubahan dalam waktu yang singkat dan hendaknya kita membuat dirinya dapat merasakan hal tersebut.

Itulah lima cara menyikapi istri yang sering bersikap buruk. Semoga bermanfaat.

Sumber: Syaikh Muhammad bin Abdullah Ad-Duwaisy/ Al-Murabbi.com dalam buku 150 Problem Rumah Tangga yang Sering Terjadi)

5

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

935

(Visited 287 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment