Tips Mencegah dan Mengobati Melasma Pada Wajah

 

Oleh: Dr Diah Puspitosari, SpKK*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – –  Setelah mengetahu tentang jenis melasma pada kulit wajah berikut dianosinya maka langkah berikutnya menentukan jenis pengobatannya.

Diagnosis melasma seringkali cukup dengan pemeriksaan fisik dilengkapi dengan riwayat terjadinya kelainan kulit serta faktor-faktor pencetusnya. Hal ini perlu diketahui untuk menunjang pengobatannya.

  • Pengobatan

Mengobati melasma tidaklah mudah. Sering kali pasien datang dengan kondisi yang sudah cukup berat, ditambah dengan upaya melakukan pengobatan sendiri menggunakan krim-krim pemutih yang dibeli dari teman, keluarga ataupun dari toko-toko online. Dalam keadaan seperti ini, tak jarang kondisi pasien bahkan lebih berat dibandingkan sebelum diobati, karena adanya efek samping bahan berbahaya yang digunakan dalam jangka waktu lama dari krim-krim tersebut.

Riwayat penyakit pun perlu digali agar pengobatan dapat diupayakan secara maksimal. Misalnya apabila pasien sering terpajan sinar matahari karena aktivitasnya, maka penggunaan tabir surya menjadi salah satu faktor penting dalam proses pengobatan. Apabila pasien menggunakan kontrasepsi hormonal, maka sebaiknya beralih, untuk menghilangkan faktor pencetus ini.

donasi perpustakaan masjid

BACA JUGA: Mengenal Melasma di Wajah

Beberapa bahan pencerah yang tersedia dalam bentuk kosmetik skin care di pasaran yang mungkin akan membantu misalnya produk dengan kandungan bahan aktif AHA, asam kojik, arbutin, atau vitamin C. Agar pengobatan optimal, aman, dan dalam pengawasan, konsultasikan pilihan pengobatannya dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter SpKK akan meresepkan beberapa obat-obat oles tertentu dengan kandungan bahan aktif yang bersifat mencerahkan dan mengurangi warna kecoklatan tersebut, yang tentunya hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Selain obat oles, beberapa tindakan dapat membantu untuk mempercepat menipisnya bercak tersebut, misalnya dengan peeling kimiawi atau dengan tindakan bedah laser. Kegagalan pengobatan sering terjadi akibat kepatuhan yang kurang, atau keinginan pasien untuk memperoleh hasil cepat sehingga terdapat kecenderungan untuk berganti-ganti dokter. Komitmen sangat diperlukan untuk keberhasilan pengobatan melasma.

 

  • Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian kata-kata bijak yang sering kita dengar. Tentu ini adalah nasihat yang baik untuk segala jenis penyakit. Secara financial tindakan pencegahan akan lebih murah ketimbang mengobati. Ini juga bisa kita lakukan untuk melasma.

Beberapa usaha pencegahan yang dapat dilakukan misalnya penggunaan tabir surya atau pelindung terhadap pajanan sinar matahari seperti topi atau payung, memperbaiki nutrisi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan, serta menggunakan kosmetik atau produk skin care yang aman dan jelas kandungan bahan aktifnya.

 

 

Jangan mudah tergiur dengan iming-iming produk terutama pemutih yang menjanjikan hasil instan karena kemungkinan besar mengandung bahan-bahan berbahaya. Bersihkan dan rawat wajah sejak dini dengan kosmetik yang sesuai untuk menjaga kulit lebih bersih, sehat, dan cantik.  Semoga bermanfaat. Salam sehat dan cantik. [ ]

5

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  redaksi.percikaniman.id ,atau redaksi.percikaniman@gmail.com, Pertanyaan Anda akan dibahas oleh  dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

860

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 101 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment