Menegenal Melasma, Flek Hitam Pengganggu Rasa Percaya diri 

Oleh: Dr Diah Puspitosari, SpKK*

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Melasma,  atau yang dalam istilah Sunda sering disebut sebagai kokoloteun, adalah kelainan kulit yang ditandai dengan adanya bercak kecoklatan atau kehitaman yang terjadi karena penumpukan melanin atau zat warna kehitaman yang berlebih pada kulit.  Umumnya kelainan kulit ini simetris pada wajah, terutama di dahi, pipi, hidung, dan dapat pula di atas bibir maupun di dagu. Tidak ada keluhan subjektif yang dirasakan oleh pasien, sehingga pasien berobat karena keluhan estetiknya. Wanita usia aktif lebih sering terkena kelainan kulit ini, apalagi di negara tropis seperti di Indonesia.

Faktor Penyebab Melasma

Cukup banyak faktor yang berperan pada terjadinya kelainan kulit ini, misalnya pajanan sinar matahari berlebih, hormonal, serta faktor ras dan genetik. Mengingat negara kita adalah negara tropis, tentunya pajanan sinar matahari tidak dapat dihindari. Faktor hormonal misalnya pengaruh hormon progesteron dan estrogen,  sehingga penggunaan kontrasepsi yang bersifat hormonal atau kehamilan dapat mencetuskan terjadinya melasma ini. Peran genetik pun cukup besar, kelainan kulit ini ditemukan pada beberapa anggota keluarga sekaligus. Sebagian kasus tidak diketahui penyebabnya atau disebut dengan istilah idiopatik.

Jenis-jenis Melasma

Berdasarkan letak kedalaman melaninnya, melasma bisa digolongkan menjadi 3 yaitu epidermal apabila melanin terletak di lapisan epidermis, memberikan gambaran warna kulit yang kecoklatan; dermal apabila melanin terdapat di lapisan dermis atas dan tengah dan memberikan gambaran warna kulit coklat kebiruan. Melasma campuran apabila melanin terletak di epidermis dan dermis, akan memberikan gambaran warna kulit coklat keabu-abuan. Makin dalam letaknya, umumnya pengobatan menjadi makin sulit.

Diagnosis

Menegakkan diagnosis melasma seringkali cukup dengan pemeriksaan fisik dilengkapi dengan riwayat terjadinya kelainan kulit serta faktor-faktor pencetusnya. Hal ini perlu diketahui untuk menunjang pengobatannya.

Demikian sekilas tentang melasma. Untuk pembahasan berikutnya kita akan kenali cara pencegahan dan pengobatannya. Semoga bermanfaat dan salam cantik sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke: [email protected]  .atau [email protected], dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

940

(Visited 124 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment