Uang Sering Hilang, Apakah Dicuri Jin?

uang rupiah

Assalamu’alaykum Wr.Wb , Pak Aam. Kakak saya sering kehilangan uang dirumah, sedangkan saya sendiri belum pernah kehilangan uang. Padahal, rumah kami berdekatan. Saya sudah memberitahu kakak saya supaya bertanya dulu kepada orang-orang yang ada dirumah, jangan dulu menyangka tuyul yang mengambil. Bagaimana solusinya supaya kita juga tidak terjerumus pada hal yang tak masuk akal dan tahayul serta dapat merusak keimanan kita. Terima kasih ustad.   (Nia via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, Iya Teh Nia dan pembaca sekalian yang budiman. Saya pikir bahwa saya sependapat dengan Anda kalau ada kehilangan yang pertama adalah kita harus mengintrospeksi diri dulu jangan-jangan kita memang tidak betul dalam menyimpan atau mungin juga sebenarnya ada orang iseng yang mengambil harta kita. Kalau itu semua sudah terbukti tidak ada yang mengambilnya, kita pun menyimpannya sudah betul ternyata hilang juga, maka langkah selanjutnya adalah bertanya kepada orang-orang terdekat.

Dalam riwayat Imam Ahmad, ada seorang sahabat Abu Ubay bin Ka‘ab r.a. menerangkan bahwa ia mempunyai tempat pengeringan yang sedang dipakai mengeringkan kurma dan dijaganya, kemudian ia dapati kurma tersebut berkurang. Tiba-tiba, ada seekor binatang sebesar anak remaja keluar. Abu Ubay bertanya kepadanya, “Apakah kamu jin atau manusia?” Ia menjawab, “Saya adalah jin! Kami mendengar Anda suka bersedekah dan kami ingin mendapatkan bagian makananmu.” Abu Ubay r.a. bertanya, “Apakah yang dapat melindungi kami dari gangguan kalian?” Jin itu menjawab, “Ayat Kursi ini.” kemudian Abu Ubay r.a. menceritakan hal itu kepada Rasulullah Saw., lalu Rasulullah mengatakan, “Jin itu adalah makhluk yang suka berbohong, namun kali ini ia benar.” (H.R. Nasa’i)

BACA JUGA : Hukum Meminta Bantuan Pada Jin

Salah satu cara untuk membentengi kita dari jin-jin yang akan mengganggu adalah dengan membaca ayat kursi. Hal ini mengandung makna bahwa fenomena kehilangan uang selalu dikaitkan dengan mitos tuyul atau jin. Sebagai muslim yang meyakini adanya makhluk gaib, kita hanya bisa membentengi diri dari gangguan jin dengan cara selalu menjalankan ibadah dirumah seperti membaca al-quran, perbanyak sholat sunnah (rawatib, dhuha, tahajud), adanya majelis ilmu, dengan begitu jin yang mengganggu kita tentunya tidak akan tenang, sedangkan jin yang shaleh pastinya tidak akan merasa terganggu berada di rumah kita.

Allah Ta’ala berfirman :

Sungguh di antara kami ada yang saleh dan ada pula yang sebaliknya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda” (Q.S.Al-Jinn:11)

Ayat tersebut berarti, di dalam rumah kita ada jin yang shaleh dan ada yang tidak. Jika jin sholeh tentunya tidak akan mengganggu kita sehingga untuk apa diusir, sebab kita bisa hidup berdampingan tanpa saling mengganggu.

BACA JUGA : Hukum Mengaku Melihat Jin

Untuk pemahaman lebih detilnya terkait permasalahan ini, Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ‘Menelanjangi Strategi Jin’. Di dalamnya kita bahas bagaimana jin menggoda manusia dan seputar mitos dan fakta tentang jin yang dibahas dengan pendekatan ilmiah dan syariah sebab disertai dengan dalil yang shahih. Wallahua’lam . [ ]

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: bi

 

*Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 422 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment