Apakah Suami Masih Wajib Menafkahi Ibunya?

makan bersama keluarga

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya mau tanya, seorang suami kan masih punya tanggungjawab membiayai orang tuanya, sementara kehidupan keluarganya serba berkecukupan. Apakah demikian menurut Islam ? Bagaimana solusinya menurut Pak Aam? Mohon nasihatnya. (Lani via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb . Iya teh Lani dan mojang bujang serta para pembaca sekalian. Jadi begini, memang betul anak laki-laki itu memiliki kewajiban memperhatikan keluarganya, tetapi tentu saja kita lihat, kalau keluarganya berkecukupan, tentu kewajiban utamanya adalah menafkahi istrinya.

Jadi ini harus dipahami juga oleh kita para orangtua khususnya yang mempunyai anak laki-laki, kalau anak kita sudah berumah tangga, maka kewajiban utamanya adalah mengurus rumah tangganya sendiri, bukan lagi mengurus keluarga besarnya. Itu sebabnya Allah mengingatkan kepada para suami dalam surat An-Nisa ayat 34, bahwa seorang suami itu wajib menafkahi istrinya.

Oleh sebab itu kepada para orang tua, kalau kita ini sudah merelakan anak kita untuk menikah, berarti kewajiban dia adalah fokus untuk mengurusi istri dan anaknya. Nah kalau dia punya kelebihan, barulah bisa keluar dari lingkarang keluarga utama, yaitu memperhatikan dan menafkahi orang tuanya yang tidak mampu.

Jika orang tuanya masih mampu, maka lingkaran pertamanyalah yang wajib diperhatikan terlebih dulu. Ini hal yang harus dipahami oleh para orang tua. Jadi jangan sampai orangtua ada yang bilang anaknya tidak pernah memberikan apa-apa setelah menikah.

Jadi sekiranya keluarga besarnya itu orang yang berkemampuan, maka anak yang sudah menikah tidak berkewajiban menafkahinya. Kecuali jika keluarga besarnya tidak mampu lalu si anak memiliki kelebihan rezeki, maka dia wajib menafkahi. Namun sekiranya ia hanya mampun untuk menafkahi keluarganya (anak dan istrinya ) maka itu lebih utama. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Edit: iman

Ilustrasi foto: pixabay

860

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1,203 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment