Alergi Saat Berlibur? Begini Mencegahnya

PERCIKANIMAN.ID – – Tips sehat saat liburan, itu penting dilakukan. Sahabat memiliki alergi terhadap makanan tertentu? Alergi terkadang membuatmu tidak leluasa  memilih makanan, sehingga liburan pun menjadi kurang nyaman. Tapi jangan jadikan alergi penghalang bagi sahabat untuk menikmati liburan. Berikut cara-cara mengatasi alergi yang perlu sahabat ketahui, sehingga sahabat bisa tetap nyaman saat liburan, tanpa harus khawatir dengan alergi.

Setelah mengetahui jenis-jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan sahabat alergi, sahabat bisa melakukan cara-cara berikut agar bisa berlibur dengan aman dan nyaman:

 

  1. Menghindari Makanan Penyebab Alergi

Sahabat bisa menanyakan kepada pelayan atau chef restoran yang sahabat kunjungi, bahan-bahan makanan apa saja yang terkandung dalam menu yang ingin sahabat pesan. Saat membeli makanan di supermarket pun, periksa label bahan-bahan pembuat makanan yang tertera dengan seksama. Hal ini bertujuan agar sahabat dapat benar-benar terhindar dari makanan yang menjadi penyebab munculnya alergi pada tubuhmu.

 

  1. Kenakan Gelang Pengidap Alergi

Jangan malu untuk mengenakan gelang yang memuat informasi bahwa sahabat mengidap alergi makanan. Hal ini agar orang-orang di sekeliling tahu, terutama penjual makanan, agar tidak memberi makanan yang sahabat alergi.

 

  1. Membawa Obat Alergi

Sebenarnya obat alergi hanya dapat meredakan reaksi alergi yang muncul pada tubuh, tapi tidak dapat mengobati penyakitnya. Karena itu, sahabat tetap disarankan untuk mengindari makanan pemicu alergi. Ada dua jenis obat alergi yang umum digunakan, yaitu obat-obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi yang tidak terlalu parah, dan obat yang mengandung adrenalin untuk mengatasi reaksi alergi yang sangat parah. Obat adrenalin digunakan dengan cara disuntikkan ke tubuh. Sahabat sebaiknya membicarakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat alergi.

Tetap Sehat Selam Liburanan

  1. Beritahu Teman Seperjalanan

Sebaiknya pengidap alergi makanan tidak melakukan solo traveling atau pergi berlibur sendirian. Ajaklah beberapa orang teman untuk pergi bersamamu dan beritahu mereka tentang alergi makanan yang sahabat miliki, sehingga mereka dapat membantumu jika sewaktu-waktu alergimu muncul.

 

  1. Cari Tahu Rumah Sakit Terdekat

Sebelum bepergian, cari tahu lokasi rumah sakit terdekat di daerah liburan yang sahabat kunjungi. Kalau perlu, catat nomor telepon darurat yang dapat dihubungi. Jika sahabat mengalami gejala anafilaksis atau reaksi alergi parah dan sahabat mulai kesulitan bernapas, segera pergi ke rumah sakit. Reaksi alergi yang parah jika tidak secepatnya ditangani, maka dapat membahayakan keselamatan pengidapnya.

Selamat Berlibur!

Agar Liburan Menyenangkan, Siapkan Hal Ini

5

Red: tami

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

780

(Visited 54 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment