Sulit Dapat Jodoh, Apakah Diganggu Jin?

Assalamu’alaykum. Pak Aam, apa betul orang yang  sulit jodoh khususnya wanita itu karena ada jin dalam dirinya? Bagaimana menghilangkannya? Mohon penjelasannya. (Reni via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Reni dan mojang bujang sekalian. Ada yang menganggap demikian , namun hal ini tidak benar alias, itu hanya mitos. Jangan sedikit-sedikit berpikir hal-hal itu dikaitkan dengan jin. Kita harus memikirkan bahwa jodoh itu adalah rejeki, jadi bila belum diberi jodoh, mungkin memang belum rejekinya. Tidak usah percaya dengan mitos kalau susah jodoh karena disukai oleh jin, sekalipun yang berkata seperti itu adalah seorang ustadz, karena ustadz pun bisa salah.

Saya tidak pernah mendapati riwayat yang menyebutkan kalau susah jodoh maka harus diruqyah. Kita ini sering terjebak dengan istilah ruqyah yang dihubungkan dengan segala hal. Sakit sedikit, ruqyah, rambut rontok, ruqyah, terkena musibah, langsung ruqyah, sebenarnya tidak seperti itu. Ruqyah itu adalah do’a kepada Allah agar kita diberi kesehatan. Jadi ruqyah pun bisa dilakukan sendiri. Ketika sholat kita berdo’a, mohon kesehatan dan diberikan umur yang berkah, itu  adalah ruqyah. Namun kenyataannya kita seringkali menganggap ruqyah itu harus ada ustadz, membaca ayat kursi, kepalanya dipegang, dan muntah. Yang seperti itu bisa jadi si ustadz berkolaborasi dengan jin.

Penyebab Shalat Tidak Khusyuk, Apakah Digoda Jin?

Masalah jodoh itu adalah rejeki. Rejeki orang itu berbeda-beda. Ada yang tampangnya biasa saja tapi banyak yang suka. Ada yang kelihatannya sempurna tapi ternyata rejeki jodohnya belum dipertemukan. Jadi teteh-teteh dan akang-akang yang sampai saat ini menganggap belum atau susah jodohnya, janganlah selalu mengaitkannya dengan setan atau jin. Anda harus tahu bahwa jodoh itu adalah kuasa Allah, maka mintalah pada Allah. Kalau belum diberi, anda harus berpikiran positif, hal tersebut memang yang terbaik untuk anda. Coba kita lihat, banyak juga orang yang memiliki suami tapi malah menderita. Jadi belum tentu kalau anda cepat menikah maka anda akan bahagia, mungkin Allah ingin anda benar-benar siap dulu.

Ruqyah adalah do’a untuk kesehatan. Ruqyah memang ada dalam Islam, tapi jangan sedikit-sedikit menyangkut-pautkan segala sesuatu dengan ruqyah. Sekali lagi, anda harus yakin, jodoh itu ada di tangan Allah. Kalau anda yakin susah jodoh itu karena perbuatan jin maka anda sudah termasuk syirik. Luruskan pikiran kita, jika kita mengalami suatu kejadian apapun, maka katakan, “ini yang terbaik dari Allah”. Karena Allah berfirman, “boleh jadi kau tidak menyukai sesuatu padahal itu yang terbaik bagimu.” Anda harus yakin bahwa syaitan tidak akan pernah mencelakakan kita selama kita iman dan tawakal.

Di surat An-Nahl ayat 99-100 jelas dikatakan, “sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan. Pengaruhnya hanyalah terhadap orang yang menjadikannya pemimpin dan terhadap orang yang menyekutukannya dengan Allah.” Kita harus khusnuzan, itu kata kunci penting yang harus diperhatikan. Wallahu’alam. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

790

*Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 648 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment