Imbangi Pendidikan Dengan Penanaman Nilai Spiritual

PERCIKANIMAN.ID – – Pentingnya pendidikan spiritual, harus dipahami setiap orangtua. Pendidikan spiritual tidak boleh diabaikan. Anak harus dididik dan dibina menjadi insan yang berakhlak. Sejak dini, anak harus dibiasakan berperilaku baik, seperti hormat kepada orang tua. Ini adalah pendidikan dasar yang harus ditanamkan. Penanaman perilaku ini akan lebih kuat menghujam apabila anak mengerti mengapa ia harus berperilaku seperti itu serta kegunaan perilaku tersebut bagi dirinya. Sebagai contoh, sikap jujur memiliki keuntungan antara lain tidak berakibat dosa, membuat lebih mandiri bila dibandingkan dengan sikap tidak jujur, dan akan lebih dipercaya oleh orang lain. Ini bisa dilakukan pertama kali di dalam keluarga, kemudian sekolah dan lingkungan masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut di atas, harus ada model atau panutan yang dapat ditiru oleh anak. Orangtua, kakak, atau saudara bisa berperan sebagai figur tauladan. Selain itu, anak harus diberi kepercayaan untuk mengembangkan dirinya. Meski kemudian ia berbuat salah, itu adalah resiko dari proses pembentukan sikap.

Baca juga: Beasiswa LPDP, Halalkah?

Intinya, anak harus dibina, di didik, serta diarahkan pada ketakwaan, kepribadian yang stabil, kegemaran dan semangat untuk belajar atau mempelajari ilmu yang memang disukai, memiliki kesadaran bahwa ia tinggal di sebuah planet yang harus ia jaga. Semua ini bisa dicapai melalui proses yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama. Pendidikan adalah proses longitudinal (baca: pendidikan adalah proses, bukan produk), maka segala sesuatunya harus sesuai kemampuan dan usia anak yang bersangkutan.

Jadi, pendidikan umum yang dibarengi dengan pendidikan agama tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah agar anak menjadi manusia sukses (dunia dan akhirat) meski ia hidup di era modern dan globalisasi seperti saat ini. [ ]

donasi perpustakaan masjid

*Dikutip dari buku Eduvacation karya Ali K. Bakti, Muslik Nawita, Ahmad Ruhiat.

 

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: edunet

 

(Visited 32 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment