Ingin Berwisata Penuh Makna ? Ikuti Tips Dari Kak Seto Ini

0
122
15047152 - happy muslim family riding bikes together in beautiful sunny day

PERCIKANIMAN.ID – – Tisp Berwisata, Berwisata Penuh Makna, adalah dambaan setiap keluarga. Akhir tahun adalah momen berlibur bagi kebanyakan orang. Setelah capek bekerja, orang-orang pasti mempersiapkan rencana liburan bahkan ada yang sudah merencanakan liburan bersama keluarga atau teman dari awal tahun. Nah walaupun waktunya bersenang-senang namun tidak lantas menjadikannya sia-sia begitu saja. Apalagi bagi kita yang berlibur bersama anak-anak, jangan sampai liburan anak kita tidak membawa manfaat apapun.

Agar wisata kita bermanfaat, apa saja yang harus dipersiapkan? Kak Seto akan berbagi tips nya untuk kita.

iklan
  1. Persiapkanlah semuanya dengan matang, mulai dari tujuan wisata, tema (value yang dapat dipelajari), jadwal perjalanan, serta daftar perlengkapan yang dibutuhkan selama wisata.
  2. Tulis semua rencana tersebut dan informasikan kepada semua anggota keluarga yang ikut berwisata. Hal ini ditujukan agar kegiatan wisata disepakati dan didukung semua anggota keluarga. Tidak hanya itu, disini anda juga ikut melibatkan anggota keluarga dalam membuat perencanaan wisata sehingga nantinya semua anggota keluarga dapat berwisata dengan perasaan syukur, kompak, akrab, dan jauh dari kemungkinan terjadinya konflik.
  3. Ketika ada perbedaan pandangan dalam rencana wisata yang telah ditetapkan, bukalah forum musyawarah. Ingat, dalam forum ini, tidak hanya orang tua atau anggota keluarga yang berusia dewasa saja yang dilibatkan, tetapi pendapat anak (yang masih berusia belia) juga harus didengarkan. Ini akan menumbuhkan budaya musyawarah dan mufakat dalam menentukan berbagai hal kelak di kemudian hari.
  4. Orangtua hendaknya sudah memahami objek wisata yang akan dikunjungi sebelum rekreasi dilakukan.
  5. Berikan pengarahan sedari awal kepada anak-anak mengenai pengetahuan dan wawasan setelah menentukan objek wisata.
  6. Orangtua harus memiliki visi dan misi ketika merencanakan kunjungan wisata.
  7. Jadikan kunjungan wisata sebagai sarana untuk memperoleh pendidikan selain kesenangan. Hindari suasana ketegangan dan keterkekangan sebelum, selama, dan setelah berwisata.
  8. Biasakan anak untuk mengekspresikan kesenangan, pengetahuan baru, dan pengalamannya dalam sebuah catatan atau karangan mengenai suatu perjalanan wisata.

Nah, itu dia tips-tips agar wisata kita bersama keluarga lebih bermakna. Semoga bermanfaat. [ Berbagai sumber ]

Agar Bepergian Kita Berkah, Lakukan Hal Ini

 

Red: riska

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay