Bolehkah Orang Islam Menanam Pohon Cemara ?

Assalamu’alaykum. Bolehkah Orang Islam Menanam Pohon Cemara, Pak Aam, saya baru pindah rumah. Untuk keindahan taman dan juga kerana suka, saya menanam pohon cemara. Namun ditegur oleh saudara karena  pohon cemara itu simbol orang Kristen. Apakah demikian? Bolehkah kita menanam pohon cemara di halaman rumah dengan maksud untuk keindahan taman semata? Mohon penjelasan dan terima kasih (Rio via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya pak Rio dan sahabat-sahabat sekalian. Begini, pada prinsip, Allah Swt. menciptakan pohon, binatang, dan semua yang ada di alam ini untuk manusia agar dipelihara dengan baik, dijaga kelestariannya, dan dipelihara  keseimbangannya. Coba kita perhatikan firman Allah dalam Al Quran,

 

“Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk kepentinganmu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir (tampak) dan batin (tidak tampak)…” (Q.S. Luqman 31: 20).

Demikian juga dalam ayat Surah Sad: 27 Allah Swt menerangkan,

 

“Kami (Allah) tidak menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada di antara keduanya dengan sia-sia (tanpa hikmah)…..”

 

Hikmahnya apa? Tentu pohon-pohon memberikan kesejukkan,oksigen dan keseimbangan alam lainnya termasuk untuk kemaslahatan manusia secara umum. Tentu di dalamnya termasuk pohon cemara.

 

Memang betul bahwa pohon cemara biasa digunakan untuk pohon natal oleh umat Kristiani karena mereka mempunyai sejarah atau filosofi. Ya, tentu itu sah-sah saja sebab setiap keyakinan pasti ada nilai filosofinya. Bagi mereka pohon cemar mempunyai arti dan makna tersendiri. Sementara bagi ummat Islam pohon cemara maknanya seperti pohon yang lainnya. Tentu ini harus kita hormati. Namun bukan berarti pohon cemara itu simbol Kristen. Rasulullah Saw. bersabda, “Innamal A’maalu binniyyah (Segala perbuatan itu tergantung pada niatnya).”

 

Kalau Anda menanam pohon cemara di taman rumah itu niatnya untuk keindahan taman, maka hal ini tidaklah terlarang.

 

Tetapi kalau pohon cemara yang Anda tanam itu, digunakan juga untuk menyatakan selamat natal kepada umat Kristiani dengan cara menghiasinya dengan berbagai lampu setiap bulan Desember, maka hal ini menjadi terlarang karena kita punya prinsip “Lakum diinum waliayaddin (untukmu agamamu dan untukku agamaku).”

 

Kesimpulannya, menanam pohon cemara di halaman rumah dengan niat sekadar keindahan taman, hukmunya mubah alias boleh. Niatkan menanam pohon cemara tersebut sebagai keindahan semata. Jangan pula dihias menyerupai pohon natal meski niatnya hanya iseng atau main-main saja. Itu tetap tidak boleh. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat?. Wallahu A’lam. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

989

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 1,365 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment