Terserang Flu Saat Liburan? Makanlah Makanan Ini

PERCIKANIMAN.ID – – Liburan akhir tahun yang sudah direncanakan bersama keluarga harus terganggu karena terserang flu dan batuk. Tidak hanya merugikan diri sendiri, namun bisa juga menularkan virus yang sama ke anggota keluarga yang ikut berlibur juga. Akhirnya, bukan liburan yang menyenangkan tetapi jadi liburan yang menyiksa.

Penyebaran virus flu memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Biasanya penyakit ini bisa sembuh dengan mengonsumsi cukup asupan nutrisi dan istirahat. Namun ada beberapa jenis makanan yang dapat dipilih untuk mempercepat proses pemulihan tubuh. Agar liburan tidak terganggu, segera konsumsi makanan berikut untuk meredakan flu.

  1. Sup Ayam

Sejumlah penelitian menyebut bahwa mengonsumsi satu mangkuk sup ayam selagi panas dapat meningkatkan fungsi tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Penelitian di American Journal of Therapeutics, menyebut sup ayam memiliki kemampuan untuk menolong sistem imun tubuh dalam melawan gejala flu.

Fungsi itu didapatkan dari senyawa Carnosine dalam dada ayam dan kaldu ayam. Kedua makanan itu dapat membantu tubuh menghambat peradangan oksida nitra yang biasanya datang bersama dengan gejala flu. Selain itu, uap sup ayam yang terkena aliran udara dan lendir di hidung dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

  1. Jus Sayuran

Kandungan antioksidan dari sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga pertahanan  dalam melawan virus penyebab penyakit pun ikut meningkat. Segelas jus sayur rendah sodium dapat membantu pemulihan flu.

Kita bisa memilih sayuran hijau yang segar dan mengolahnya mejadi segelas jus. Namun jika merindukan rasa manis, kita bisa memilih jus buah-buahan yang memiliki manfaat keseahatan tak berbeda jauh dengan sayur-sayuran.

 

BACA JUGA : Manfaat Liburan 

 

  1. Jahe

Kita  bisa mendapatkan rempah yang satu ini di pasar lokal. Ramuan jahe telah dikenal dapat membantu meringankan sakit perut dan mual, bahkan jahe pun telah terbukti dapat melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Selain mengolah jahe sendiri, kita juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsmsi jahe dalam bentuk jamu atau minuman. Jahe akan memberi efek hangat ke dalam tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak, dengan demikian kita akan merasa lebih baik pada keesokan paginya dan siap untuk melanjutkan liburan.

  1. Teh Panas

Secangkir teh panas dapat menambah antioksidan dalam tubuh. Beberapa jenis teh yang dapat kita jadikan pilihan adalah teh oolong atau teh gelap, seperti black tea.

Menghirup uap teh juga dapat membantu melancarkan jalan pernapasan yang tersumbat saat flu. Kamu bisa menambah satu sendok madu dan potongan lemon untuk meningkatkan khasiat dari teh.

  1. Madu

Sejumlah ahli menyebut bahwa madu dapat menjadi obat alami untuk mengobati batuk. Peneliti menemukan bahwa waktu terbaik untuk mengonsumsi madu adalah di malam hari. Laporan penelitian dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi dua sendok teh madu sebelum tidur malam, merasakan khasiatnya. Mereka mengonsumsi madu 30 menit sebelum tidur dan hasilnya frekuensi dan tingkat parahnya batuk pada malam hari berkurang dan dapat tidur dengan lebih baik sepanjang malam. Semoga Bermanfaat. [sumber:hallodoc.com]

5

Nah, bagi adik-adik atau ayah bunda yang belum punya agenda liburan untuk buah hatinya, ikutan aja yuk di program Pesantren Kilat Kreatif (Sanlatif) Percikan Iman. Ditanggung acaranya selain edukatif juga  asyik dan menyenangkan. Infomasinya klik aja disini

 

 

BACA JUGA : Destinasi Wisata Halal

950

 

Red: admin

Editor: tami

Ilustrasi foto: google

 

(Visited 114 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment