Untuk Pertama Kalinya Ka’bah Akan Difilmkan

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam sejarahnya untuk pertama kalinya kiblat ummat Islam, Ka’bah di tanah suci Makkah akan difilimkan selama satu hari. Ide membuat film dokumenter yang panjang tentang Ka’bah itu lahir dari seorang sutradara film bernama Abrar Hussain. Dilansir dari Al Arabiya, Selasa (12/12/2017), Hussain membuat film tentang Ka’bah dan Masjidil Haram dan mengangkatnya ke layar lebar dengan bertajuk One Day in the Haram.

 

Film itu menangkap suasana tempat suci umat Muslim dan menyediakan pengalaman yang tidak pernah terlihat sebelumnya di Masjidil Haram melalui pandangan para pekerja. Hussain menghabiskan waktu lebih dari setahun untuk membawa visi dari Haram tersebut. Sutradara Abrar Hussain adalah pembuat film, penulis, dan produser asal Inggris. Dia dibesarkan di London, Inggris, dan mengenyam pendidikan di Kingston University.

 

Pada Juni 2015, Hussain kembali ke Arab Saudi untuk memfilmkan sebuah proyek tanpa judul tentang Haram di Makkah secara khusus. Film Hussain ini tampil tahun ini di Festival Film Internasional Dubai. Dalam rentang waktu 90 menit, film ini akan membawa penonton dalam kerangka keseharian penuh tentang shalat lima waktu dalam Islam.

 

Di balik layar, para kru produksi film tampak tengah merekam kegiatan pembersihan Mataf. Tim Audio juga merekam suara para jamaah secara langsung di luar pintu Ka’bah. Sang sutradara juga merekam pemandangan Masjidil Haram dari udara di atas pusat kota Makkah.

Namun hingga saat ini belum dikabarkan ada pihak-pihak yang merasa keberatan atau menolak tentang ide memfilmkan Ka’bah. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: al arabiya

(Visited 192 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment