Cara Tetap Sehat Selama Liburan

PERCIKANIMAN.ID – – Tips Sehat Selama Liburan, adalah hal yang perlu disiapkan agar liburan tetap berjalan menyenangkan dan membawa kesan positif. Mengisi liburan akhir tahun dengan hal-hal yang menyenangkan adalah impian setiap orang yang melakukan perjalanan. Apalagi ditambah dengan mengajak seluruh keluarga bisa menjadikan ‘quality time’ yang seru. Namun bukan berarti kita tidak memerhatikan masalah kesehatan. Alih-alih menikmati perjalanan, yang ada adalah sakit sehingga mengganggu liburan.

Nah, berikut beberapa hal agar tetap sehat dan panjang umur meskipun tengah menikmati liburan. Apa saja?

  1. Minum Air Putih

Saat kita kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal ini pun dapat menyebabkan kita menjadi kurang konsentrasi, lemas, mudah mengantuk hingga sakit kepala. Dalam jangka panjang, kurang minum air putih pun dapat memicu penyakit ginjal. Untuk itu, meski sedang liburan kamu harus memastikan tubuh menerima dua liter air setiap hari.

  1. Pola Makan

Hindari makanan yang terlalu banyak memakan daging olahan, karena jenis makanan yang satu ini dapat meningkatkan risiko kanker. Daripada daging, pilihlah jenis makanan yang mengandung ikan. Ikan telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kita bisa menyiasatinya dengan sesekali memasak sendiri atau pergi ke restoran yang menyediakan menu makanan sehat.

  1. Olahraga Ringan

Agar tetap sehat, sempatkan untuk selalu berolahraga di tengah liburanmu. Olahraga ringan saja sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar. Kamu bisa melakukan peregangan saat bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas. Atau sekadar gerakan ringan sebelum tidur.

 

 

  1. Tidur Cukup

Meski godaan untuk terjaga sepanjang malam ditambah dengan ‘kapan lagi mumpung lagi liburan’ sangat sulit ditolak, tapi tidur tetaplah hal yang penting. Sebab saat tidur tubuh akan melakukan proses dan mengisi energi sehingga kamu siap menghadapi petulangan baru keesokan harinya. Selain itu berdasarkan penelitian, tidur setidaknya 6 jam perhari akan mengurangi risiko kematian hingga 14 tahun ke depan. Jadi ,sudah siap untuk liburan sahabat??? [ ]

5

Sumber : hallodoc.com

Red: tami

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

BACA JUGA : Manfaat Liburan

 

(Visited 112 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment