Tips Liburan Asyik Bersama Keluarga

 

PERCIKANIMAN.ID – – Liburan bisa menjadi momentum untuk mengembalikan kehangatan keluarga bagi yang sudah berkeluarga atau juga mempererat pertemanan, setelah disibukkan dengan aktivitas rutin. Agar liburan lebih bermanfaat, baiknya tentukan topik atau targetnya agar liburan kita pun menjadi berkah. Berikut beberapa kegiatan liburan bermanfaat yang bisa dilakukan.

  1. Mengikuti Pesantren Kilat Selama Liburan

Jika menargetkan anak agar lancar membaca Al-Qur’an, maka bisa mendaftarkannya ke Pesantren Kilat atau Pelatihan Tahsin Al-Qur’an. Atau kita sendiri pun bisa mengikuti berbagai pelatihan keagamaan yang ada.

  1. Target Hafalan Al-Qur’an

Kita bisa menargetkan diri untuk menambah hafalan Al-Qur’an.

  1. Cuci Lemari Pakaian” Bersama Anak

Untuk masalah sosial, anak bisa diajak untuk melakukan “cuci lemari pakaian”, memilih baju-baju yang sudah tidak digunakan lagi. Setelah selesai, anak bisa diajak bersilaturahmi ke panti asuhan dan memberikan baju-baju layak pakai yang telah dipilih.

 

  1. Outbound di Rumah

Kegiatan outbound juga bisa dilakukan di rumah, tidak harus di tempat yang jauh dan membutuhkan biaya. Semua benda yang ada di rumah bisa dimanfaatkan sebagai sarana outbound. Misalnya panci, sendok, kardus bekas, tali jemuran, kursi makan, seprai, papan, dan sebagainya. Yang penting alat-alat itu harus aman, tidak mudah pecah sehingga tidak berbahaya bagi anak. Caranya, sebelum memulai bentuklah panitia kecil keluarga lalu rancanglah permainan secara bersama-sama, dari cara bermain hingga peraturan. Buatlah juga yel-yel untuk menyemangati setiap peserta.

  1. Olah Raga Bersama

Contoh lain dari  bentuk kegiatan liburan atau sarana refreshing yang menyenangkan adalah menjalankan hobi olah raga, berenang, rihlah, berkemah, kumpul bareng di malam hari di pantai atau taman dan lain-lain.

  1. Gathering Keluarga Besar

Tentu akan lebih bermakna jika acara itu didesain menyenangkan dan mendidik. Terlebih lagi jika pergi bersama keluarga besar, tentu budget yang dikeluarkan bisa ditanggung bersama. Bahkan akan lebih berkesan jika dibarengi dengan adanya pembagian door price atau hadiah. “Saling berbagi hadiahlah kalian, maka kalian akan saling mencintai.” HR. Imam Bukhari. Itulah beberapa tips liburan hemat bersama keluarga. Semoga bermanfaat. [ ]

 

Nah, bagi adik-adik atau ayah bunda yang belum punya agenda liburan untuk buah hatinya, ikutan aja yuk di program Pesantren Kilat Kreatif (Sanlatif) Percikan Iman. Ditanggung bakalan asyik dan menyenangkan. Infomasinya klik aja disini

 

BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan Secara Islami

Sumber: dakwatuna.com

Editor: riska

Foto: google image

(Visited 125 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment