Bolehkah Berkhayal Tentang Seks ?

Assalamu’alaykum.Pak Aam, apakah berdosa bila seorang lelaki membayangkan atau mengkhayalkan sesuatu tentang seks?Mohonnasihatnya (Cepi via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Kang Cepi dan mojang bujang sekalian. Begini, kalau kita lihat dalam surat Ali Imran ayat 14, disitu ada kata-kata, “telah dijadikan indah pada manusia, ada kecenderungan syahwat kepada lawan jenis.

Jadi syahwat dalam diri manusia itu adalah fitrah. Syahwat itu bisa berupa keinginan untuk mempunyai keturunan, ada juga syahwat untuk memiliki harta yang berlimpah, kendaraan yang bagus, atau binatang ternak. Itulah kehidupan dan keindahan dunia, dan disisi Allah lah tempat kembali yang baik.

Jadi sebelum Allah berfirman bahwa, Allah telah menjanjikan kehidupan yang baik, Allah menyebutkan, “Aku telah menciptakan manusia berkecenderungan syahwat terhadap lawan jenis, ….” Maka kecenderungan manusia terhadap dunia disebut syahwat. Walaupun dalam Bahasa Indonesia kata ‘syahwat’ itu konotasinya terhadap lawan jenis.

Nah yang anda tanyakan adalah perihal syahwat, lalu bolehkah membayangkan tentang seks. Syahwat sudah ditanamkan pada diri manusia oleh Allah, artinya perihal seks adalah sesuatu yang manusiawi. Akan tetapi bagi yang sudah beristri, ketika khayalan syahwat itu muncul maka Rasul memerintahkan untuk mendatangi istrinya. Begitupun halnya dengan perempuan. Lalu bagi yang belum punya pasangan maka Rasul mengatakan, “berpuasalah karena itu lebih menjaga kehormatan dirimu.”

Lalu ada pula pertanyaan, bagaimana jika wanita yang dikhayalkannya itu bukan istrinya, dan apakah wanita itu berdosa? Karena wanita yang menjadi objeknya itu tidak tahu. Tentu si wanita yang menjadi objek tersebut tidak berdosa karena dia tidak tahu.

Jadi urusan objek khayalan itu adalah istrinya atau bukan, selama itu hanya diwilayah khayal, tentu tidak berdosa. Makanya Rasul menyebutkan, kalau seorang laki-laki berkhayal tentang seks, apapun itu, maka segera datangi pasangannya yang sah. Begitupun halnya dengan perempuan.

Kenapa saya katakan hal tersebut manusiawi? Karena ada ayatnya di surat Ali Imran ayat 14. Nah yang berdosa adalah berkhayal terhadap sesama jenis, karena itu sudah keluar dari fitrahnya. Wallahu’alam bishawab. [ ]

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

890

(Visited 238 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment