Apakah Shalat Dhuha Harus Keluar Rumah Dulu?

Assalamu’alaykum Pak Aam, saya mau tanya, katanya kalau melaksanakan shalat dhuha harus diawali dengan bepergian, benarkah seperti itu? (Nung via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Bu Nung dan sahabat-sahabat sekalian, sepengetahuan saya memang Rasulullah ketika shalat dhuha biasa diawali dengan bepergian. Tapi bukan berarti shalat dhuha itu harus selalu diawali dengan bepergian. Bagi ibu yang selalu di rumah dan tidak kemana-mana, jika tiba waktu shalat dhuha maka silahkan shalat. Karena prinsipnya dhuha itu bisa dilakukan setiap hari, sekalipun tanpa rencana keluar rumah.

Sebenarnya shalat dhuha itu tidak bersyarat harus keluar rumah dulu. Jika keluar rumah dulu, itu boleh tidak pun tidak apa-apa. Menurut hadits riwayat Imam Tirmidzi, “Siapa yang Shalat Dhuha dan ia bisa laksanakan sebanyak 12 rakaat, maka Allah akan berikan istana di surga.”

Dalam hadist tersebut tidak ada keterangan harus keluar rumah terlebih dahulu. Kemudian ada hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, kata Aisyah, “Rasul masuk ke rumahku lalu beliau Shalat Dhuha 8 rakaat.”

Jadi shalat rakaat itu minimal 2 rakaat dan maksimalnya tidak ada batasan. Kesimpulannya bahwa shalat Dhuha boleh dilakukan setelah keluar rumah atau tanpa keluar rumah. Bahkan ada hadist yang mengatakan bahwa setiap ruas tulang kita harus diberi sedekah. Setiap kali mengatakan subhanallah, alhamdulillah, atau allahu akbar itu adalah sedekah. Dan itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat dhuha.

kalender percikan iman 2018

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih detail panduan shalat sunnah termasuk Shalat Dhuha silakan baca buku saya yang berjudul ” Melangkah ke Surga Dengan SHALAT-SUNAT “. Di dalamnya ada panduan dan tatacara serta dalilnya yang shahih. Wallahu’alam. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

890

(Visited 145 times, 5 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment