Syarat Sah Nikah Bagi Wanita

maskawin

PERCIKANIMAN.ID – – Menurut fiqh, pernikahan ialah akad yang membolehkan dan menghalalkan bersenang-senang antara laki-laki dengan perempuan. Sedangkan dalam Pasal 2 Kompilasi Hukum Islam (KHI) disebukan, pernikahan ialah akad yang sangat kuat (mitsaqan ghalizhan) untuk mentaati perintah Allah, dan melaksanakannya merupakan ibadah. Dalam Pasal 3 disebutkan, pernikahan bertujuan untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

 

 

  1. Memakai wali.

 

Wanita hanya sah menikah jika didampingi walinya. “Tidak ada pernikahan kecuali dengan wali.” (Diriwayatkan semua penulis Sunan dan disahihkan Al Hakim dan Ibnu Hibban).

 

Wanita yang tidak memiliki wali dapat mengangkat wali hakim untuk menikahkannya, karena orang mukmin adalah wali bagi orang mukmin lainnya. Seorang pria yang hendak menikahi seorang gadis harus meminta izin kepada walinya. Wali yang dimaksud adalah ayah kandung, saudara kandung, kakek, paman, dan putra paman –meski hubungannya jauh.

 

Sedangkan seorang janda boleh menyerahkan urusannya kepada siapa saja dari kaum muslimin yang dikehendaki menikahkannya, dalam hal ini wali tidak berhak menentang.

 

  1. Mendapat Mahar.

 

Mahar adalah salah satu syarat sahnya sebuah pernikahan.

donasi perpustakaan masjid

Dan berikanlah mahar (mas kawin) kepada wanita (yang kalian nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.” (Q.S. An-Nisa: 4). Mahar hukumnya wajib. Rasulullah saw. Bersabda, “Carilah mahar kendati cincin dari besi.” (Muttafaq A’laih).

 

Sementara jenis dan bentuk mahar ditentukan jenisnya oleh pihak wanita. Dapat dibayar kontan atau ditunda, barang atau pun jasa.

 

Dengan demikian wacana yang beredar akhir-akhir ini, yaitu wanita dapat menikah dengan sendirinya tanpa wali, membayar mahar pada pihak suami, adalah tidak benar. [ ]

 

Dikutip dari buku “ Insya Allah Sakinah” karangan Dr.H.Aam Amiruddin,MSi

 

 

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

(Visited 62 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment