Ingin Cantik? Coba Peeling Kimia Wajah

Bersama: dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Apa itu peeling kimia? Peeling kimia atau pengelupasan kimia atau dikenal pula dengan CP (chemical peeling) merupakan suatu tindakan pengelupasan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Pengelupasan ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimia tertentu dengan fungsi eksfoliating tersebut. Beberapa produk menambahkan pula kandungan anti jerawat atau bahan pencerah untuk mendapatkan hasil lebih baik sesuai dengan indikasi tindakan.

Tindakan ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit sebagai salah satu modalitas untuk beberapa jenis masalah pada kulit seperti flek hitam, bekas jerawat yang kehitaman, bekas luka kehitaman, kulit kusam, ataupun kulit yang mengalami penuaan dini.

Peeling kimia dibedakan berdasarkan kedalamannya yaitu superfisial (hanya mengenai lapisan epidermis), medium (mengenai lapisan epidermis dan dermis bagian atas), serta peeling dalam  (mengenai epidermis, dermis atas dan tengah). Hal ini dibedakan tergantung kepada jenis bahan kimia yang dioleskan serta konsentrasinya, juga berapa kali dioleskan. Bahan dan konsentrasi yang sama dapat memberikan efek berbeda saat dioleskan 1 lapis dengan 3 lapis misalnya.

 

Bagaimana prosedurnya?

promo oktober

Sebelum tindakan, umumnya dokter spesialis kulit akan memberikan pre-treatment berupa krim malam tertentu yang digunakan selama 2 minggu sebagai tahap persiapan kulit agar hasil peeling dapat maksimal. Tindakan ini dapat dilakukan rutin setiap bulan atau bahkan kurang, tergantung berat ringannya kasus.

Tahapan saat tindakan adalah sbb:

  • Kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun ataupun susu pembersih
  • Dibersihkan lebih maksimal dengan pre-peeling lotion
  • Cairan peeling dioleskan ke wajah dan ditunggu efeknya beberapa saat tergantung jenis bahan yang digunakan
  • Apabila diperlukan, dokter spesialis kulit akan mengulang prosedur pengolesan ini untuk mendapatkan hasil lebih baik
  • Untuk mengurangi rasa kurang nyaman (umumnya panas atau menyengat, terkadang disertai gatal), dapat dilakukan pengompresan dengan air es atau pendinginan dengan cairan netralisir serta mengarahkan kipas angin ke wajah yang dilakukan perawatan
  • Pengolesan pelembab dan tabir surya.

 

Semoga bermanfaat, salam cantik dan sehat. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 5

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

 

Editor: iman

890

Ilustrasi foto: pixabay

 

BACA JUGA: Tips Mengatasi Flek Kehitaman Pada Kulit

 

 

(Visited 34 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment