Masa Iddah Istri yang Belum Pernah Berhubungan Intim

cincin kawin

Pak Aam, ada seorang akhwat yang dinikahi oleh seorang lelaki, tapi laki-laki ini menikahinya karena mengikuti perintah orang tuanya dan ingin membahagiakan orang tuanya. Dan laki-laki ini tidak ada rasa apapun pada si akhwat. Hingga sudah sekian lama menikah, tidak pernah serumah karena berbeda kota, dan kalau pun sedang bertemu belum pernah melakukan hubungan intim. Apabila si akhwat melakukan gugat cerai, bagaimana dengan masa idahnya, karena belum pernah melakukan hubungan suami istri? (Yati via email)

 

Ya, kalau menurut saya, rumah tangga seperti ini tidak sehat, disarankan untuk cerai saja. Ini namanya sandiwara yang justru akan menimbulkan dosa. Ini juga menjadi catatan bagi para orang tua, jangan sampai kita memaksa anak kita menikah dengan orang yang tidak dia suka. Yang akan terjadi adalah anak lelaki ini dzalim kepada istrinya, karena hak dan kewajibannya tidak dilaksanakan.

Si akhwat pun tidak kena masa idah karena belum ada hubungan suami istri. Dalam surat Al-Ahzab ayat 49 dikatakan, “Hai orang yang beriman, apabila kamu menikah dengan wanita mukminah, kemudian terjadi perceraian, padahal kamu belum berhubungan intim, maka tidak ada masa iddah yang harus dilewati.”

Jadi, rumah tangga yang seperti ini tidak sehat. Sekalipun orang tua yang menginginkannya. Karena akibatnya, si laki-laki berbuat dzalim pada istrinya. Maka, baiknya untuk bercerai saja.


* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

donasi perpustakaan masjid
(Visited 103 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment