Hukum Berobat ke Orang Pintar

dukun

Pak Aam, anak kami yang bungsu selalu menguji kesabaran kami, hingga pamannya menyarankan untuk pergi ke orang pintar, dan katanya harus dimandikan dengan kembang tujuh rupa dan tujuh mata air. Kami belum melakukannya karena kami tidak percaya dengan hal tersebut. Apa yang sebaiknya kami lakukan? (Redi via email)

 

Intinya, jika anak kita bermasalah, itu tidak ada kaitannya dengan nama atau harus dimandikan dengan kembang tujuh rupa, hal ini bukan dari ajaran Islam. Dalam ajaran agama lain mungkin ada. Sampai ada orang yang karena sering sakit, maka namanya diganti, ini tidak benar.

Islam mengajarkan agar kita memberi nama pada anak yang sesuai harapan kita. Tapi bagaimana anak itu setelahnya, tidak ada kaitan dengan nama yang sudah diberikan dan tidak ada kaitannya dengan harus dimandikan menggunakan kembang tujuh rupa dan tujuh mata air.

Saran saya, ibu konsultasi saja pada psikolog. Terutama spesialis anak-anak yang bermasalah. Sewaktu saya sekolah S2, saya meriset tentang komunikasi keluarga. Ternyata, dari anak-anak yang saya teliti, banyak anak-anak yang bermasalah di sekolah malah senang jika orang tuanya dipanggil ke sekolah.

Jadi, orang tua juga harus introspeksi diri. Datang saja ke psikolog dan ceritakan masalah-masalahnya. Ada juga orang tua yang konsul ke ustadz, itu pun kurang tepat karena tidak semua ustadz paham psikologi anak. Dan tidak semua ustadz memiliki kapasitas untuk memecahkan masalah ini. Yang lebih kongkret solusinya tanyakanlah pada psikolog.

kalender percikan iman 2018

Dan sering juga anak-anak membuat masalah karena kurang perhatian dari orang tuanya dan bukan karena pengaruh ghaib. Jadi, jika anak-anak kita membuat masalah di lingkungannya, bisa saja itu adalah bentuk protes dia pada orang tuanya. Sebagai orang tua juga harus introspeksi diri dan lebih jauh lagi konsultasi pada psikolog.

 

Editor : candra

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

 

(Visited 95 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment