Bolehkah Mengambil Kembali Tanah yang Sudah Diwakafkan?

tanah wakaf

Asslamu’alaykum Pak Aam, Ibu saya pernah mewakafkan sebidang tanah ke suatu yayasan, tapi saat dilihat oleh yayasan, ternyata tanah itu tidak bisa digunakan. Setelah beberapa tahun mengetahui hal tersebut, tanah itu diminta kembali oleh salah satu anggota keluarga kami. Bolehkah kami meminta bantuan Percikan Iman untuk membangun tempat tersebut untuk beribadah? (Akbar via email)

 

 

Begini Pak Akbar, masalah tanah yang sudah diwakafkan, jika diambil kembali untuk diwakafkan lagi itu, boleh. Misalkan anda sudah mewakafkan tanah lalu si lembaga tersebut tidak bisa mengelolanya, maka anda boleh memindahkan pengelolaan wakaf itu pada lembaga lain.

Tetapi kalau sudah memakai akte wakaf, itu ada aturan mainnya lewat Badan Wakaf Indonesia untuk diselesaikan secara musyawarah agar tidak terjadi perselisihan. Tapi memang seharuskan jika sebuah lembaga sudah dititipi wakaf maka dia harus mengelola dengan sebaik-baiknya karena wakaf itu merupakan amanah.

 

Editor : candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

promooktober1
(Visited 64 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment