Niat Sholat Tahajud, Tapi Tidak Terlaksana

shalat

Assalamu’alaykum Wr.Wb , Pak Aam. Saya sebagai pekerja kadang tidak tidur semalaman, padahal  saya ingin sholat sunnah tahajud. Lalu, sholat apa yang tepat kalau seandainya saya tidak bisa tidur sekejap pun karena saya bekerja. Mohon penjelasannya (Cecep by email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr. Wb, Kang Cecep. Bagi anda yang bekerja pada malam hari (shift malam) sehingga tidak sempat untuk tahajud, sesungguhnya bekerja itu bagian dari jihad. Kalau anda bekerja dengan sungguh-sungguh serta melaksanakan kewajiban anda untuk mencari nafkah, itu berarti anda sedang jihad.

Jika sekiranya anda benar-benar tidak sempat sama sekali untuk shalat tahajud, tidak apa-apa sebenarnya karena Allah akan mencatat niat anda itu sebagai suatu kebaikan.  Allah itu Maha Adil, ada orang yang tidak bisa melakukan itu bukan karena malas, tapi karena tidak mampu.

Dalam buku/kitab Riyadhus Shalihin pada Bab Niat, ada riwayat yang menyebutkan bahwa salah satu sahabat ada yang tidak bisa berjihad dengan Rasul karena sakit hingga ia meneteskan air mata, maka kata Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “ketika teman-temanmu itu melewati lembah dan berhadapan dengan musuh dalam membela agama Allah sedangkan kamu tidak pergi dan berada di tempat tidur tetapi kamu ingin berjihad, maka Allah akan memberikan pahala kebaikan seperti saudara-saudaramu yang pergi ke medan perang”.

Ini mengandung makna sekiranya anda ingin sekali tahajud tetapi tidak memungkinkan dikarenakan pekerjaan anda dilakukan pada malam hari (shift malam) dan tidak bisa ditinggalkan, tentu dengan niat ingin tahajud itu sudah mendapatkan pahala tahajud.

kalender percikan iman 2018

Allah berfirman yang artinya:

 “…..Sesungguhnya, Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, karena sebagian kamu adalah keturunan dari sebagian yang lain…” (Q.S Ali Imran :195)

Dari pertanyaan kang cecep tersebut, dapat menjadi renungan bagi kita yang mempunyai waktu luang tapi tidak menggunakannya untuk melakukan ibadah seperti misalnya tahajud. Wallahua’lam.

 

Editor : candra

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

(Visited 727 times, 4 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment