Mengenal Fungsi  dan Sumber Vitamin K

Oleh: dr. Nur Fatimah, MS*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Vitamin K pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Denmark (1934) sebagai vitamin larut lemak yang diperlukan untuk proses pembekuan darah. Kini diketahui bahwa vitamin K merupakan suatu senyawa kimia dengan gugus dasarnya disebut quinon. Saat ini dikenal 3 jenis vitamin K, yaitu vitamin K1 (phylloquinon) yang berasal dari tumbuhan, vitamin K2 (menaquinone) yang berasal dari hewan, serta sintetis vitamin K (menadione) atau vitamin K3.

 

Fungsi utama vitamin K yaitu pada reaksi enzimatik dalam sintesis protrombin (salah satu protein yang diperlukan dalam proses pembekuan darah) yang diperlukan sebagai kofaktor selama sintesis protein ini di hati. Vitamin K juga berperan pada sintesis protein tulang yang disebut osteokalsin, di mana protein ini mampu mengikat kalsium untuk klasifikasi tulang, namun peran vitamin K pada pencegahan osteoporosis masih belum jelas.

 

Metabolisme Vitamin K

 

Sebagai vitamin larut lemak, segala sesuatu yang mempengaruhi penyerapan lemak akan berpengaruh juga terhadap vitamin K. Untuk dapat menyerap vitamin K, diperlukan asam empedu dan enzim lipase pankreas. Sekitar 40-70% vitamin K dari makanan akan diserap. Penyerapan akan semakin menurun bila ada gangguan aliran asam empedu dan penggunaan pencahar, akan tetapi kekurangan vitamin K sangat jarang terjadi pada manusia.

promooktober1

 

Setelah diserap, vitamin K akan masuk dan dideposit di hati. Kadar vitamin K sangat cepat menurun dibandingkan dengan vitamin larut lemak lainnya, vitamin K1 akan menurun kadarya setelah 10-12 jam, sedangkan vitamin K2 menurun setelah 24 jam. Sisa metabolisme vitamin K yang larut dalam air dibuang melalui ginjal, sedangkan sebagian kecil yang larut lemak akan dibuang bersama dengan asam empedu.

 

Kebutuhan Vitamin K

 

Berikut akan disajikan kebutuhan vitamin K pada setiap kelompok usia.

 

Tabel 1: Kebutuhan Vitamin K

Kelompok umur Kebutuhan (µg/hari)
Bayi 5-10
Anak 15-30
Remaja 45-65
Dewasa 60-80

 

Pada bayi baru lahir, vitamin K sangat penting untuk mencegah pendarahan. Hal ini disebabkan masih sterilnya usus bayi sehingga belum ada sintesis vitamin K, selain itu transfer vitamin K dari ibu melalui plasenta dan kandungan vitamin K ASI sangat rendah. Suplementasi vitamin K pada susu formula dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

 

 

 

Bahan Makanan Sumber Vitamin K

 

Sebagian besar kebutuhan vitamin K pada orang yang sehat terpenuhi dari sayuran berwarna hijau dan produksi bakteri usus halus. Selain itu terdapat juga pada hati, telur, daging (dan olahannya), buah-buahan, umbi-umbian, dan kacang­-kacangan. Vitamin K stabil terhadap panas dan oksidasi, tetapi akan rusak pada suasana asam, basa, dan alkohol.

 

Tabel 2: Bahan makanan sumber vitamin K

Bahan makanan Jumlah (µg/100g)
Daun kailan 750
Daun peterseli 700
Daun bayam 350
Kubis 220
Brokoli 200
Bawang daun 60

 

Defisiensi vitamin K

 

Memanjangnya waktu pembekuan darah adalah satu-satunya gejala yang ditemui pada defisiensi vitamin K, tetapi hal ini merupakan pemeriksaan yang kasar, pemeriksaan Iebih sensitif adalah dengan memeriksa perbandingan antara kadar protrombin aktif terhadap tota1 protrombin dalam darah. Beberapa keadaan akan berisiko terhadap timbulnya defisiensi vitamin K, antara lain penurunan penyerapan gagal hati pada lansia, penggunaan obat-obatan seperti salisilat, antibiotika jangka panjang, serta obat antikoagulan/dikumarol. Semoga bermanfaat. [ ]

 

5

*Penulis adalah dokter dan konsultan gizi keluarga serta pegiat dakwah dan sosial

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: [email protected]  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

 

 

 

(Visited 33 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment