Bolehkah Tidur Sebelum Shalat Isya ?

Assalamu’alaykum. Pak Aam, bolehkan sholat isya di akhir waktu pada saat sepertiga malam. Jujur saja, saya sering sholat isya pada jam 2 atau 3 pagi sekalian dengan sholat tahajud, karena jika saya sholat isya tepat waktu, saya sulit bangun malam untuk sholat tahajud. Adakah hadist yang menerangkan tentang hal ini? Mohon penjelasannya. (Fanin via email)

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Fanin dan mojang bujang sekalian yang dirahmati Allah. Begini, ada hadist yang menyatakan bahwa Rasul melarang atau membenci orang yang tidur sebelum ia melaksankan shalat Isya. Hal ini seperti yang diriwayatkan dari Abu Barzah ra,

”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Para muhaditsin atau ahli hadits  menerangkan makruhnya tidur sebelum shalat isya’. Oleh sebab itu At-Tirmidzi  mengatakan : “Mayoritas ahli ilmu hadits menyatakan makruh hukumnya tidur sebelum shalat Isya’ dan mengobrol setelahnya. Dan sebagian ulama’ lainnya memberi keringanan dalam masalah ini. Abdullah bin Mubarak mengatakan : “Kebanyakan hadits-hadits Nabi melarangnya, sebagian ulama membolehkan tidur sebelum shalat isya’ khusus di bulan Ramadlan saja.”

Jadi anda jangan membiasakan bangun subuh untuk sholat isya dan tahajud. Mungkin sesekali saja boleh jika kita kecapean dan tertidur sebelum sholat isya. Tapi jika kita menyengaja tiap hari melaksanakan sholat isya diakhir waktu, itu tidak boleh.

promooktober

Kita harus membiasakan tidur setelah seluruh kewajiban sholat kita terpenuhi. Jangan terlalu yakin jika kita bisa bangun jam 2 atau jam 3, karena banyak orang yang meninggal saat tidur. Jangan sampai kita meninggal dan kewajiban sholat kita belum terpenuhi.

Terkait dengan pembahasan lebih detail tentang shalat ini Anda dan mojang bujang sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” Sudah Benakah Shalatku?” . Didalamnya dibahas secara lebih mendalam berikut dalilnya dan cara mempratekannya. Wallahu’alam. [ ]

buku sudah benarkah shalatku

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

(Visited 3,344 times, 7 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment