Al ‘Alaq Yang Pertama Turun, Mengapa Al Fatihah Menjadi Awal Surat ?

alquran

Assalamu’alaykum. Ustadz, mengapa Al-Fatihah ditempatkan pada surat pertama di dalam mushaf Al Quran, padahal surat yang pertama kali turun adalah surat Al-‘Alaq ? Mohon penjelasannya.( Lia by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Lia dan sahabat-sahabat sekalian, sebagaimana kita tahu dan yakini ayat yang pertama kali turun kepada Rasulullah Saw. adalah lima ayat dari surat Al-‘Alaq. Namun, surat tersebut tidak utuh –hanya lima ayat. Sementara surat yang turun secara utuh dari ayat satu sampai akhir adalah surat Al-Fatihah. Itu sebabnya ulama Muhammad Abduh berpendapat bahwa surat yang pertama kali turun bukan Al‘Alaq tapi Al Fatihah karena turun secara utuh dalam satu surat.

 

Perlu dicatat surat yang pertama kali turun adalah Al Fatihah sementara  ayat yang pertama kali turun adalah ayat 1 – 5 dari surat Al ‘Alaq.

 

Menurut Abduh, Allah Swt. menempatkan AlFatihah sebagai surat pertama karena   pokok-pokok kandungan Al Quran tercermin dalam ayat-ayat surat Al Fatihah; Tauhid terdapat pada ayat kedua dan kelima; Janji dan ancaman tersurat pada ayat pertama, ketiga dan ketujuh; Ibadah pada ayat kelima dan ketujuh; Sejarah masa  lalu diisyaratkan dalam ayat ketujuh.

 

SementaraProf.  Quraish Shihab menyebutkan, surat Al-Fatihah diletakkan pada awal Al Quran karena secara organis mempunyai hubungan yang erat dengan surat sesudahnya yaitu surat Al Baqarah. Hubungan tersebut antara lain; penyebutan  tiga kelompok manusia dalam  Surat Al Fatihah, yaitu; yang dianugerahi nikmat oleh Allah swt., yang dimurkai, dan yang sesat, dibicarakan juga secara panjang lebar dalam surat Al Baqarah. Pada surat Al Fatihah kita diajari memohon hidayah, dan dalam awal surat Al Baqarah ditegaskan bahwa Al Quran adalah hidayah bagi mereka yang bertaqwa.

 

Itulah di antara pendapat para ahli kenapa AlFatihah berada di urutan pertama dalam Al-Qur’an. Wallahu A’lam. [ ]

 5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

980

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 324 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment