Cara Mengatasi Pengaruh Pil KB Pada Kulit

Bersama:  dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

Assalamu’alaykum. Saat ini usia saya 28 tahun dengan 2 orang anak. Sejak 1 tahun lalu saya melakukan KB dengan pil. Namun sekira 3 bulan lalu mulai ada gejala pada kulit saya seperti timbul kehitam-hitaman dan timbul gatal-gatal pada kulit kaki saya. Kata teman ini karena pil KB yang tidak cocok sehingga berpengaruh pada hormone saya. Apakah benar demikian dok? Bagaimana cara mengatasi kulit karena pil KB dan apa jenis KB yang cocok untuk kering? Mohon penjelasannya ( Erni by email) 

 

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Bu Erni dan sahabat cantik sekalian. Bercak kehitaman yang diakibatkan oleh bahan hormonal yang terkandung di dalam pil KB bisa saja terjadi. Bukan hanya pil, alat kontrasepsi lain yang sifatnya hormonal pun dapat pula menimbulkan efek samping terjadinya flek. Keluhan gatal di kaki bisa jadi merupakan penyakit yang berbeda.

Pil KB merupakan andalan hampir seluruh wanita guna mengontrol kehamilannya. Namun ada beberapa kasus yang berdampak kulit atau kecantikan seorang ibu. Pil KB sendiri memiliki efek terhadap level hormon seseorang yang mengkonsumsi obat tersebut serta mampu mempengaruhi tubuh wanita.

Ada sebuah study yang berdasarkan beberapa kasus yang menyebutkan, bahwa kaum wanita yang mengkonsumsi pil kontrasepsi atau pil KB mengalami bercak coklat di bagian kulit wajah. Hal ini bisa saja dikarenakan adanya dosis obat yang terlalu banyak pada obat atau jenis yang di konsumsi. Ada baiknya sebelum menggunakan pil KB Anda periksa atau konsultasikan terlebih dahulu dengan jenis kulit dan pengaruhnya.

kalender percikan iman 2018

Setiap wanita yang menggunakan pil KB mempunyai pengalaman atau keluhan yang berbeda. Tidak sedikit juga wanita yang merasa aman dan nyaman dengan menggunakan pil KB.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut ketika Anda mengkonsumsi pil KB, maka Anda dianjurkan untuk segera mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter, sehingga Anda bisa segera mengatasi keadaan tersebut, atau bahkan Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi jenis pil yang lain yang memang cocok untuk Anda.

Agar lebih jelas, anda dapat berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga segera teratasi . Salam sehat dan cantik. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 

 

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kulit Kendur Setelah Diet 

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

(Visited 44 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment