Tips Agar Anak Rajin Shalat

anak shalat

PERCIKANIMAN.ID – – Anak adalah generasi masa depan bukan hanya bagi orangtuanya saja melainkan juga bagi kehidupan yang lebih luas yakni bangsa dan terutama agamanya. Setelah akidah kita tanamkan dalam diri anak-anak maka untuk menguatkan akar akidah tersebut adalah dengan mengajarkannya praktek shalat.

Lalu mulai kapan anak-anak harus mendapatkan pengajaran shalat?. Hal ini tentu para orangtua dapat mengacu pada anjuran Rasulullah Saw dalam hal mulai mengajarkan anak-anak untuk shalat. Secara garis besarnya anak wajib mendirikan shalat ketika sudah baligh. Terkait usia berapa anak sudah dianggap baligh? Setiap anak mempunyai perbedaan usia pastinya namun lebih mudahnya   para orangtua bisa berprinsip pada pesan Rasulullah Saw dimana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan,

Apabila anak itu sudah bisa membedakan antara kanan dan kiri, maka hendaklah mereka disuruh mengerjakan shalat.”

Ini menandakan bahwa kebiasaan melaksanakan ibadah ritual seperti shalat, puasa, atau zakat harus ditanamkan sejak dini. Langkah awal yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak tentu saja dengan memberikan contoh yang baik dan benar mengenai tata cara ibadah-ibadah tersebut.

Pengetahuan orang tua mengenai tata cara pelaksanaan ibadah ritual sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw. menjadi sangat penting. Pemberian contoh yang kurang tepat pada pendidikan awal ini, sedikit banyak akan mempengaruhi kebiasaan ibadah anak di masa yang akan datang. Karenanya, orang tua memerlukan perangkat pendukung (buku referensi, misalnya) yang dapat dipertanggungjawabkan.

donasi perpustakaan masjid

Permasalahan tidak berhenti di situ. Bagaimana orang tua menyampaikan konsep ibadah ritual tersebut sesuai dengan bahasa anak-anak menjadi persoalan selanjutnya.. Pencantuman ayat Al Quran dan Hadits yang menjadi sumber sengaja dilakukan agar orang tua bisa meng-cross chek tekstual ayat dan hadis tersebut secara lengkap. Ilustrasi kartun yang menyertai penjelasan tahap demi tahap ibadah yang diulas, diharapkan dapat merangsang imajinasi visual anak.

Shalat ini, kebiasaan melaksanakan ibadah seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw tertanam sejak dini. Seperti dikutip dari buku “Belajar Shalat, Yuk” karangan Dr.H.Aam Amiruddin, MSi berikut ini nilai yang dapat ditanamkan kepada anak tentang pentingya shalat:

 

  1. Mengajarkan disiplin waktu

Kata Rasulullah, amalan pertama yang dilihat oleh Allah pada hari kiamat adalah shalat. Kalau shalatnya selalu di awal waktu, khusu, dan tidak pernah ditinggalkan, maka amalan yang lain dianggap baik. Tapi kalau kita sering shalat di akhir waktu, shalat sambil bercanda dengan teman, atau bahkan meninggalkan shalat, maka amalan yang lain dianggap buruk. (H.R. Thabrani).

Kelak setelah dewasa diharapkan anak-anak dapat menghargai waktu dan mempunyai disiplin yang tinggi terhadap waktu. Kebiasaan yang ditanamkan sejak dini khususunya tentang pengajaran shalat maka anak-anak akan menjadi paham akan pentingnya memanfaatkan waktu dengan produktif dan amal shaleh.

  1. Mengajarkan kebersihan

Wah, kalau begitu, kita harus rajin shalat agar amalan puasa atau sedekah yang kita keluarkan dinilai baik oleh Allah swt. Yuk, kita shalat! Eh, ingat! Sebelum melaksanakan shalat, tubuh harus bersih dari najis, berwudlu (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Dengan selalu menjaga kebersihan khususnya berwudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat akan mengajarkan anak dapat berlaku hidup sehat dan bersih. Kebersihan ini sangat penting untuk menunjang aktivitas baik dalam rumah maupun lingkungan sekitarnya.

 

  1. Mengajarkan menutup aurat

Setelah wudhu dan suci dari hadats maka agar shalatnya sah cara mengerjakannya harus menutup aurat.(HR. Muslim)

Pelajar pentingnya anak-anak menjadi terbiasa untuk menutup auratnya kelak setelah dewasa atau minimal memasuki usia remaja. Khususnya bagi anak wanita maka kebiasaan memakai jilbab atau kerudung menjadi bukan hal yang baru lagi. Demikian juga bagi anak laki-laki  sehingga setelah dewasa ia tidak mudah mengumbar auratnya meskipun hanya sekedar memakai celana pendek saat di luar rumah. Selamat mencoba. [ ]

 

 

5

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

(Visited 54 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment