Rahasia Renang Yang Disunnahkan Rasulullah

Oleh: Muhammad Isman

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Rasulullah Muhammad Saw bersabda, “ajarkan anak – anakmu berkuda, memanah, dan berenang”. Tentu kita terheran-heran ada apa dengan berenang? Mengapa Rasulullah memerintahkan ummatnya untuk berenang? Sementara beliau hidup di Arab yang penuh dengan gurun pasir dan jauh dari sungai atau laut? Barangkali kalau berkuda dan memanah bisa kita pahami karena menjadi hal yang sangat lazim saat itu.

 

Perkataan rasul ini bukan tanpa alasan dan terbukti secara ilmiah setelah lebih dari 1400 tahun lalu beliau menganjurkannya. Beliau justru memahami betul mengapa keterampilan berenang perlu dikuasai sehingga sangat dianjurkan.

 

Dalam dunia kebugaran atau fitness, berenang dikenal sebagai olahraga yang memanfaatkan seluruh otot. Mulai dari kelompok otot besar seperti otot dada, punggung, dan paha. Kelompok otot kecil seperti otot lengan, perut, atau wajah. Hingga melatih otot halus seperti otot jantung dan paru – paru.

 

Berenang juga termasuk kategori olahraga menggunakan beban ringan atau low resistance, sehingga sangat baik untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh.

 

Banyak ahli pembentukan tubuh (body shaping) yang merekomendasikan olahraga ini, karena diyakini dapat membakar lemak dan membuat tubuh tampak indah. Perhatikan saja tubuh para perenang, meski tidak berotot seperti binaraga tapi tubuh mereka proporsional.

 

Singkatnya, berenang adalah aktifitas mengolah tubuh yang lengkap untuk mencapai berbagai tujuan olahraga. Mulai dari sekadar menjaga kesehatan hingga membentuk tubuh.

 

Jika anda ingin melatih ketahanan tubuh, anda dapat menggunakan gaya bebas saat berenang. Gaya ini diklaim sama bahkan lebih baik dari jogging, karena menggerakan kaki dan tangan dengan kecepatan tertentu disertai tarikan nafas relatif pendek. Mirip sekali seperti orang sedang jogging.

 

Jika anda ingin melatih kekuatan dan pernafasan, anda dapat menggunakan gaya dada atau gaya kupu – kupu. Gaya ini memerlukan dorongan sehingga memungkinkan kelompok otot besar bekerja maksimal. Tarikan nafas yang panjang dalam gaya ini, menjadikan otot jantung terlatih dan kapasitas paru – paru menjadi lebih besar.

 

Nah, jika anda ingin berlatih keseimbangan dan menjadi lebih rileks, anda bisa menggunakan gaya punggung. Ya!, mempraktekan gaya ini memerlukan ketenangan sehingga tubuh seimbang. Dorongan kaki dan ayunan tangan yang harmonis disertai tarikan dan hembusan nafas lebih teratur, menjadikan diri anda makin rileks.

 

Namun perlu diingat, karena berenang termasuk olahraga dengan beban meski ringan, maka sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Kecuali jika anda atlet yang sudah terlatih.

 

BACA JUGA: Selain Tidak Sehat, Obesitas Itu Tidak Sesuai Sunah 

 

Sama seperti berlatih beban di pusat kebugaran. Berenang cukup dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit saja setiap kalinya.

 

Disamping manfaatnya untuk kesehatan, berenang juga menjadi salah satu survival skill yang cukup penting. Misalnya saja saat anda harus melakukan penyelamatan diri di laut, atau perlu menolong orang yang terseret arus banjir dan hal lain yang berhubungan dengan air.

 

Apalagi kondisi saat ini dimana setiap musim penghujan tiba maka bencana banjir menjadi hal yang biasa. Tentu dengan memiliki kemampuan berenang akan sangat memberi manfaat bukan hanya bagi diri sendiri melainkan keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar.

 

Jadi bagaimana, masih ragu dengan anjuran baginda Rasul ini?. Silahkan dicoba!. [ ]

 

*Penulis adalah Trainer dan Praktisi Training Kebugaran

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

Bagi pembaca yang  punya hobi menulis dan ingin dimuat di www.percikaniman.id bisa mengirimkan tulisannya  ke email: [email protected]  . Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh bagi banyak orang. Bergabunglah bersama ribuan pembaca dalam menebar kebaikan.

 

(Visited 127 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment