Cara Menghadapi Orang yang Memutus Silaturahmi

bersalaman

Pak Aam saya mau bertanya, apa sebaiknya yang harus dilakukan jika ada salah satu saudara dari keluarga kakak kandung, yang tidak mau lagi berhubungan dengan nenek dari keluarga kami, karena pernah punya masalah yang hingga sekarang masih menyimpan dendam dan tidak mau memaafkan keluarga kami. Dulu sempat diadakan islah, bermaaf-maafan, tapi mereka dan anaknya tetap saja tidak mau berhubungan lagi. Bila di telepon pun tidak mau menjawab. Apa yang harus kami lakukan? (Zubaidah via email)

 

Tugas kita adalah berusaha untuk baik, itu saja. Kalau sikap dia buruk pada kita dengan memutus silaturahmi, tentu saja itu sudah bukan wilayah kita. Jadi tugas kita yang harus terus dilakukan adalah silaturahmi dan berbuat baik kepada siapapun.

Kalau ternyata orang tersebut tetap memusuhi kita dan tidak baik pada kita, itu bukan lagi urusan kita. Itu yang dikatakan dalam Al-Qur’an, “Dan mereka selalu membalas keburukan orang lain itu dengan kebaikan.”

Dalam Al Quran surat Ali-Imran ayat 159 pun dikatakan, “Orang-orang sholeh itu dia memaafkan, bukan hanya itu, tapi memohonkan ampunan bagi orang yang menyakitinya.” Jadi tugas ibu adalah berbuat baik saja.

Urusan dia tidak menjawab telepon dan tidak mau bersilaturahmi seolah-olah meninggalkan keluarga besar, itu adalah hak dia. Kewajiban kita tetap baik pada siapapun. Sekiranya ada diantara keluarganya yang sakit, maka tengoklah. Jika ketika kita tengok sikapnya tetap buruk, biarkan saja.

donasi perpustakaan masjid

Karena amalan yang terhebat adalah kita tetap bersikap baik pada orang yang bersikap buruk pada kita. Jadi yang hebat adalah ketika kita bisa membalas keburukan dengan kebaikan. Tidak lupa kita doakan agar berubah pikiran dan hatinya. Wallahu’alam bishawab.

 

Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 668 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment