Keutamaan Shalat di Masjid Quba Madinah

PERCIKANIMAN.ID – – Setelah shalat wajib maka ibadah yang dianjurkan adalah shalat sunnah. Selain shalat sunnah rawatib ada beberapa shalat sunnah yang dianjurkan karena mempunyai beberapa keistimewaan atau keutamaan. Shalat-shalat sunnah ini ada yang berkaitan dengan waktu misalnya Tahajud atau Dhuha, ada juga yang berkaitan dengan tempat seperti shalat tahiyatul masjid, shalat di Masjid Nabawi atau shalat sunnah di Masjid Quba Madinah. Shalat di masjid-masjid tersebut memiliki banyak  keutamaan.

Dalam sejarahnya Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah Saw saat hijrah dari kota Makkah ke Madinah. Diperkiarakan masjid ini dibangun pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah. Masjid Quba awalnya dibangun di sebuah kebun kurma di kampung Quba, sebelah tenggara pusat kota Madinah. Dalam seiumlah catatan sejarah, saat berada di Kampung Quba, sahabat nabi, Sayiidina Ammar RA mengusulkan kepada nabi agar membangun sebuah tempat berteduh ketika siang hari dan juga tempat untuk melaksanakan shalat.

Pada awalnya struktur Masjid Quba hanya berupa bangunan sangat sederhana dengan tanah liat sebagai bahan dasar utamanya. Atapnya pun hanya dibuat dari pelepah dan daun kurma. Namun meski dibangun hanya dengan sebuah kesederhanaan, mendirikan shalat di Masjid Quba memiliki sejumlah keutamaan, bahkan di antaranya yakni mendirikan shalat di Masjid Quba dengan lebih dulu mengambil wudhu di rumah, sama dengan meraih keutamaan pahala melaksanakan ibadah umrah, sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi dan Ibnu Majah )

Dalam riwayat yang lain juga dikisahkan bagaimana para sahabat terdahulu juga terbiasa mengerjakan shalat di Masjid Quba ini.

promo oktober

Ketika pembangunan Masjid ini selesai, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam mengimami shalat selama 20 hari. Semasa hidupnya, lelaki yang dijuluki Al-Amin ini selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam wafat, para sahabat menziarahi masjid ini dan melakukan salat di sana.”( HR. Bukhari dan Muslim)

 

Bagi Anda yang mempunyai kesempatan untuk melakukan umroh maka jangan lupakan untuk berkunjung ke Masjid Quba dan melakukan shalat di dalamnya. Ini adalah kesempatan emas dalam hidup yang mungkin tidak akan terulang kembali. Untuk itu manfaatkannya tersebut untuk mendulang pahala dan keutamaan shalat di Masjid Quba. [ ]

5

*Disarikan dari buku “MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT karya Dr H Aam Amiruddin, MSi

970

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: alarabiya

(Visited 74 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment