Tips Menu Sarapan ala Rasulullah Agar Fit Sepanjang Hari

PERCIKANIMAN.ID – – Rasulullah Muhammad Saw senantiasa berusaha untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani. Bahkan, akibat ikhtiar inilah, Rasulullah sepanjang hidupnya hanya sakit dua kali. Pertama ketika diracun oleh perempuan Yahudi saat perang Khaibar dan menjelang wafat.

Peneliti sejarah Islam dari Brain Community Muhammad Hafi mengatakan, dalam hal kesehatan, Nabi memang memiliki perhatian khusus. Baik kesehatan jasmani dan rohani selalu menjadi perhatian khusus.

“Ditengah akvitasnya dalam memimpin umat, Nabi memiliki aktivitas yang diatas rata-rata orang biasanya,” ujar Hafi seperti dikutip okezone,Senin (20/11/2017).

Kata Hafi, Nabi menjadikan segelas air dicampur dengan madu asli sebagai menu sarapan. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Alquran bahwa madu merupakan syifaa atau obat. Belakangan, banyak penelitian menyimpulkan bahwa madu juga berfungsi membersihkan lambung serta mengaktifkan usus-usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

“Tentunya zaman dulu belum ada penelitian tentang hal tersebut, namun Rasulullah telah melakukannya,” kata Hafi.

promooktober1

Tak hanya itu, Nabi juga menganjurkan untuk mengonsumsi kurma pada pagi hari saat sarapan. Kata Hafi, khasiat zat dalam kurma mampu menghilangkan racun dalam tubuh.

“Sebagaimana hadist nabi yang berbunyi, barang siapa sarapan dengan memakan beberapa kurma ajwa maka pada hari itu sihir dan racun tidak akan berpengaruh baginya,” ujar Hafi.

 

Hafi juga menyebut, banyak sekali hal yang dilakukan Rasulullah untuk menjaga kesehatan. Di antaranya mengatur waktu istirahat dan berolahraga. Sebagai umatnya, tentunya harus meniru perbuatan Nabi.

 

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan lebah dengan menyerap sari bunga dari alam. Karenanya, madu punya segudang manfaat untuk manusia. Disamping itu, ada sejumlah fakta menarik lainnya seputar madu. Apa saja? Berikut ulasan singkatnya, seperti dikutip Foxnews, Rabu (24/2/2016).

 

  1. Bagaimana madu dibuat?

Proses pembuatan madu merupakan daya tarik tersendri. Proses alaminya, madu terbuat dari nektar bunga. Kemudian lebah mengisap nektar dari bunga, lalu menyimpan dalam perut lebah. Kemudian di dalam perut, sari bunga bercampur dengan protein dan enzim, sehingga merubah nektar dari sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa.

 

Setelah itu, lebah mengubah nektar menjadi sel-sel yang membentuk sarang hexagonal. Lalu dianginkan dengan kibasan sayap lebah dan suhu lembab di sekelilingnya, sehingga menguap dan menjadi sirup kental yang dikenal sebagai madu.

 

  1. Banyak jenis madu?

Sama seperti minuman anggur, madu juga terdiri dari banyak varietas dan jenis. Di Amerika Serikat, ada sekira 300 jenis madu yang sering diproduksi dan dikonsumsi. Seperti halnya madu acacia, clover, tupelo dan masih banyak lainnya.

 

  1. Terdiri dari berbagai campuran

Madu yang kita konsumsi saat ini merupakan campuran dari berbagai jenis madu. Kecuali memang tertulis madu single origin yang berasal dari nektar bunga tertentu.

Walau bagaimanapun semua madu dari jenis apapun tentu punya khasiat yang baik untuk tubuh. Terlebih jika madu terbuat dari bunga musiman yang sedang mekar, madu tersebut bisa jadi madu terbaik dengan kualitas tinggi. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 15 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment