Fenomena Ngaji ke Luar Negeri

hijab

Assalamu’alaykum Pak Aam, sekarang ini ada fenomena pergi ngaji ke luar negeri, seperti ke Bangkok, Jepang, dan lain sebagainya. Bagaimana menurut Ustadz Aam? (Reni via email)

Ya kalau itu memang sebuah program untuk pencerahan, ya tidak masalah. Tapi tetap harus memperhatikan kewajiban dia terhadap keluarganya.  Jangan sampai pergi ngaji jauh-jauh tapi keluarga sendiri ditelantarkan. Tapi, kalau keluarganya sudah terjamin nafkahnya, lalu ia pergi ngaji, itu tentu tidak masalah.

Yang terpenting, kita tidak melupakan kewajiban. Apalagi untuk para ibu yang suka pergi ngaji itu bagus, tapi kalau anda melupakan kewajiban, itu yang salah. Misalnya, anda ingin pergi ke pengajian, anda tentu sudah seharusnya menyiapkan sarapan dulu untuk keluarga lalu meminta izin suami pergi ke pengajian. Kalau suami mengizinkan tidak apa-apa asal semua kewajiban ibu sebagai istri sudah dipenuhi. Jangan sampai menghadiri pengajian malah menelantarkan suami dan anak-anak.

Jadi, yang namanya ngaji atau mencari ilmu agama kemanapun itu boleh, akan tetapi kewajiban yang lainnya juga dilaksanakan. Memang sekarang banyak pengajian yang berhari-hari, jika ibu-ibu mau menghadiri pengajian tersebut tentu harus meminta ijin suami dan anak-anak.

Jika suami tidak mengizinkan, dan anak-anak pun merasa keberatan ditinggal oleh ibunya maka janganlah dilakukan. Karena bagaimanapun, kewajiban utama seorang istri adalah memenej rumah tangga. Ini yang dikatakan oleh Nabi, “setiap dari kamu itu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinannya.

promooktober

Dan seorang istri adalah pemimpin atau manager di dalam rumahnya ketika suaminya tidak ada. Artinya, sebagai istri itu kewajibannya adalah sebagai menteri dalam negeri dan menteri keuangan. Ia yang bertanggungjawab atas keteraturan rumah dan pengaturan keuangan rumah tangga. Itu yang tidak boleh terlupakan. Wallahu’alam bishawab.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

BACA JUGA :

Jamaah Tabligh dan Khuruj Apakah Menyimpang?

Waspadai Aliran Sesat! Ini Dia Ciri-Cirinya

(Visited 13 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment