Cara Mengatasi Kulit Kendur Setelah Diet

Bersama: dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

Assalamu’alaykum. Beberapa bulan lalu saya menjalani diet untuk menurunkan berat badan dan Alhamdulillah berhasil. Namun setelah berat badan saya turun timbul masalah baru yaitu kulit saya terlihat seperti berkeriput khususnya di sekitar wajah dan jari-jari tangan. Bagaimana cara mengatasinya? Perlukah mengkonsumsi suplemen tambahan?. Saat ini usia saya 35 tahun dengan dua orang anak. Terima kasih atas jawaban dokter. ( Sisca by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb, iya Ibu Sisca dan sahabat cantik sekalian, memiliki tubuh yang proporsional adalah dambaan wanita khususnya ibu yang selesai melahirkan. Sukses menurunkan berat badan adalah prestasi mengesankan yang belum tentu semua orang bisa capai dengan mulus Keberhasil dalam berdiet memang membahagiakan karena berat badan bisa menjadi normal kembali namun berat badan yang turun drastis memang menimbulkan efek samping pada kulit yang kendur.

Kenapa kulit jadi kendur dan bergelambir setelah berat badan turun atau setelah berhasil? Kulit manusia dapat dianalogikan seperti balon. Di kondisi aslinya, tekstur karet balon kencang dan elastis, yang akan terus mengembang ketika diisi udara. Ketika kempis, balon tidak akan kembali ke ukuran semulanya. Karet balon malah akan melar dan mengendur. Begitu juga kulit manusia. Kulit akan meregangkan diri untuk mengakomodasi setiap tambahan berat badan yang didapat oleh tubuh.

Seiring waktu, elastisitas kulit dan jaringan ikatnya melemah karena terus-terusan dipaksa meregang. Oleh karena itu, ketika timbunan lemak berhasil disingkirkan, kulit tak lagi mampu untuk merapat kembali. Semakin lama kulit ditarik, semakin kecil kemungkinannya untuk kembali seperti semula.

donasi perpustakaan masjid

Untuk mengatasinya dapat dengan melakukan aktivitas fisik yang berfungsi mengencangkan kulit. Selain itu, untuk wajah maupun jari-jari tangan dapat pula dilakukan perawatan menggunakan krim tertentu disertai perawatan rutin lainnya agar kendur dapat berkurang. Suplemen tambahan bukan hal utama apabila asupan nutrisi terpenuhi dengan baik.  Sebaiknya Anda perlu memperbanyak mengkonsumsi beberapa jenis nutrisi penting

Perlu diketahui , lapisan terdalam kulit terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. Kolagen membentuk hampir 80% struktur kulit, untuk memberikan teksturnya yang kenyal dan kuat. Elastin berperan menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Banyak yang tidak menyadari bahwa ketersediaan dua agen pemelihara kesehatan kulit ini sedikit banyak dipengaruhi oleh makanan yang Anda makan. Nutrisi tertentu  penting untuk produksi kolagen dan komponen kulit sehat lainnya, seperti protein, vitamin C, asam lemak omega-3, dan air. Beberapa jenis nutrisi tersebut dapat Anda dapatkan di sayuran hijau, tomat, jeruk dan salmon

Agar lebih jelasnya dan guna mendapat informasi yang lebih detail, sebaiknya Anda konsultasikan langsung dengan dokter  spesialis kulit agar mendapat rekomendasi sesuai dengan keluhan yang lebih lengkap. Semoga cukup jelas, salam cantik dan sehat. [ ]

 

 *dr Poppy adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 5

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

 

982

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 11 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment