Cara Menghilangkan Gatal Bekas Gigitan Nyamuk

Bersama: dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

 

Assalamu’aykum, dok saya seorang mahasiswi yang gemar jalan-jalan di alam bebas termasuk mendaki gunung. Akibat dari hobby tersebut kulit saya terlihat gelap terutama di lengan tangan dan muka seperti ada flek hitam. Selain itu pulang dari camping kulit saya timbul gatal-gatal baik di gigit serangga atau terkenan daun-daunan. Ada yang sembuh namun ada juga yang meninggalkan bekas. Bagaiaman ya cara menghilangkannya? Oya kalau lotion anti nyamuk dipakai terus menerus ada efeknya tidak ke kulit? Mohon penjelasnnya. ( Fia by email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Fia yang aktif berpetualangan, bercak kehitaman (flek) di wajah dan lengan tersebut kemungkinan terjadi akibat pajanan sinar matahari berlebih. Untuk mengatasinya tentu diperlukan bahan-bahan tertentu yang bersifat mencerahkan kulit, demikian pula untuk bercak kehitaman akibat gigitan serangga.

Mengapa gigitan serangga atau nyamuk membuat gatal dan membekas? Sebenarnya serangga nyamuk atau lainnya hanya dapat menggigit atau menusuk kulit kita, sistem kekebalan tubuh kitalah yang menyebabkan sensasi gatal menjengkelkan itu. Setiap orang berbeda reaksinya ketika digigit nyamuk, ada yang langsung gagal dan menimbulkan bekas beberap hari. Namun ada yang biasa saja bahkan ada yang bekasnya hilang dalam beberapa jam saja.

Gigitan serangga menyebabkan tubuh kita melepaskan histamin (sejenis protein) yang memberitahu tubuh kita bahwa ada sesuatu yang tidak “nyaman” terjadi pada kulit. Tubuh kita bereaksi dengan mengirimkan sel darah untuk melawan penyusup (sehingga benjolan merah), dan sel-sel darah mulai memperluas multiply, mengiritasi semua saraf di sekitarnya dan menyebabkan gatal.

donasi perpustakaan masjid

Seorang dermatology (ahli kulit) Neal B. Schultz mengatakan, “Gatal adalah bentuk tingkat rendah dari rasa sakit. Nyamuk (atau bug) menyuntikkan bahan ke dalam kulit yang menyebabkan peradangan, kemerahan, pembengkakan, nyeri dan panas kemudian menimbulkan gatal. Reaksi alami tubuh untuk gigitan adalah untuk melepaskan histamin, suatu senyawa yang mensinyalkan reaksi alergi, yang menyebabkan gatal-gatal tersebut. ”

Untuk mencegahnya bisa menggunakan lotion anti nyamuk dapat saja digunakan apabila bepergian ke alam bebas. Namun untuk perawatan harian, lotion jenis ini tentunya kurang tepat. Untuk memastikan dan penanganan lebih akurat sebaiknya Fia konsultasi dan periksakan diri ke dokter spesialis kulit ya, agar dokter dapat menentukan jenis kulit dan obat apa yang paling sesuai untuk kulit cantikmu.   Semoga bermanfaat, salam sehat dan cantik. [ ]

 

*adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 dr.Poppy

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 

Klinik Sammara Sahya 1a

 

 

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment