Hukum Mengunggah Foto Ketika Umroh

umroh

Assalamu’alaykum. Pak Aam, bagaimana jika seseorang pergi ke umroh, dia berfoto lalu diupload ke Facebook, apakah itu mengurangi pahala ibadahnya atau tidak? Bagaimana menurut hukum Islam boleh atau tidak? Mohon penjelasannya dan terima kasih. (Richard via email)

 

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Iya Pak Richard dan sahabat-sahabat sekalian, secara jelas memang tidak ada dalil yang melarang hal demikian. Menurut hemat saya, itu tergantung dari niatnya saja juga etikanya.

Jika orang itu mengupload foto dengan maksud untuk ria, atau karena dia senang dengan pujian-pujian yang bermunculan, itu jelas mengurangi bahkan bisa menghabiskan pahala ibadahnya. Allah Swt mengingatkan dan berfirman,

Hai, orang-orang beriman! Jangan kamu rusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan­ menyakiti perasaan peneri­ma­nya seperti orang yang meng­­in­fak­kan har­tanya dengan memamerkannya kepada manusia dan ia tidak ber­iman kepada Allah dan Hari Akhir. Perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada debu, lalu batu itu ditimpa hujan lebat. ” (QS. Al Baqarah: 264)

 

BACA JUGA :  Bagaimana Hukum Melepas Hijab Di Medsos Meski-Hanya Iseng?

kalender percikan iman 2018

Hal ini bukan hanya tentang sedekah, tetapi terkait dengan amal apapun. Misalnya, anda tahajud, lalu menulis status di media sosial dengan kalimat-kalimat, “alhamdulillah, nikmatnya tahajud..” Sebenarnya untuk apa anda menuliskannya di media sosial? Jika anda ingin bersyukur, langsung saja bersyukur pada Allah dan tidak perlu diupload di media sosial.

Tetapi kalau Anda, berfoto di Mekkah dengan niatan untuk mengingat kebersamaan bersama keluarga, itu tidak masalah. Atau foto tersebut ingin memberi tahu atau mengabarkan kondisi atau keadaan di sana kepada keluarga atau orangtua di tanah air maka itu tidak masalah.

Jadi sebenarnya kembali pada niatan masing-masing. Apakah itu untuk pamer atau untuk mengingatkan. Jika foto yang diupload dengan niatan untuk mengingatkan dan mengajak orang-orang untuk umroh daripada jalan-jalan ke negara lain, itu tidak masalah. Sama seperti mengupload informasi kajian dengan niatan mengajak orang-orang untuk datang, itupun tidak masalah. Jadi bukannya tidak boleh mengupload foto, yang tidak boleh adalah memamerkan amal atau sesuatu yang tidak perlu dipamerkan. Wallahu’alam bishawab. [ ]

 

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

BACA JUGA :

Pengertian Riya dan Bahayanya Bagi Amal Kebaikan

Muslimah Tetap Eksis di Medsos Perhatikan Yang Ini

(Visited 491 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment