Mengenal dan Menangani Penyakit Kutil

Oleh: dr.Poppy Diah P, SpKK*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap orang pastinya menginginkan mempunyai kulit yang mulus, bersih, sehat dan indah, intinya tanpa cacat. Bagi kaum wanita, kulit adalah mahkota sehingga harus tetap dirawat agar terlihat cantik. Namun terkadang ada saja penyakit kulit yang bisa tumbuh dan terjadi pada manusia, salah satunya adalah kutil.

Kutil merupakan penyakit kulit yang cukup sering ditemukan. Penyakit kutil atau dikenal dalam istilah medisnya yaitu veruka adalah penonjolan pada permukaan kulit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dapat ditemukan pada usia anak-anak maupun dewasa, pria maupun wanita dapat saja mengalaminya. Penyebaran penyakit ini terjadi melalui kontak kulit.

Apa saja jenis-jenis kutil ?

Beberapa jenis kutil atau veruka yang dikenal yaitu:

  1. Veruka Vulgaris

Jenis ini terutama ditemukan pada anak-anak. Walaupun lebih sering di tungkai, kutil ini dapat pula mengenai kulit tubuh lainnya. Umumnya berbentuk bulat, berwarna keabuan berukuran kecil, namun dapat pula bersatu menjadi kutil yang berukuran besar dengan permukaan yang kasar.

  1. Veruka Plana

Kutil ini berukuran kecil-kecil sebesar kurang lebih kepala jarum pentul, dengan permukaan yang licin dan rata. Warnanya biasanya sama dengan warna kulit atau agak kecoklatan. Kutil ini lebih banyak ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda, dengan penyebarannya yaitu di daerah wajah dan leher, punggung kaki dan tangan, serta lutut.

  1. Veruka Plantaris

Veruka plantaris berbentuk cincin berwarna kekuningan dengan bagian tepi yang keras dan bagian tengahnya lebih lunak. Kutil jenis ini ditemukan di telapak kaki terutama pada daerah yang banyak mengalami tekanan. Permukaannya cenderung licin karena gesekan dan sering menimbulkan rasa nyeri pada saat berjalan.

Jenis kutil lainnya adalah kutil kelamin yang terjadi akibat hubungan seksual. Kutil jenis ini akan dibicarakan terpisah dalam tulisan lainnya.

Bagaimana penanganannya?

Beberapa pengobatan utk kutil adalah dengan menggunakan obat-obat oles yang bersifat kaustik. Pengobatan dengan obat oles ini dapat menjadi pilihan untuk anak-anak yang kurang kooperatif. Untuk orang dewasa, beberapa tindakan bedah lebih dianjurkan karena dapat menghilangkan kutil lebih maksimal. Misalnya dengan tindakan bedah beku, bedah listrik, dan bedah laser.

 

Pengidap penyakit ini sering mengalami kekambuhan meskipun sudah dilakukan penanganan yang tepat. Seperti pada umumnya penyakit akibat virus, salah satu upaya untuk mencegah kekambuhan adalah dengan meningkatkan kebersihan dan lingkungan serta daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat, salam sehat dan cantik. [ ]

 

*Penulis adalah dokter spesialis kulit, nara sumber Talkshow Kesehatan Kulit Radio Cosmo  101.9 FM Bandung, serta dokter di klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA Jl. Pacuan Kuda No 46 Arcamanik Bandung.  Akun Facebook : https://www.facebook.com/poppy.d.puspitosari

 dr.Poppy

Sampaikan pertanyaan seputar permasalahan kesehatan kulit Anda ke:  [email protected] , dokter Poppy & tim klinik spesialis kulit AMMARA SAHYA akan membahasnya dalam rubrik “ Cantik & Sehat”

 Klinik Sammara Sahya 1a

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 4 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment