Banyak Undangan Walimahan? Begini Cara Siasati Anggaran

PERCIKANIMAN.ID – – Jelang akhir tahun biasa banyak kebutuhan yang membengkak termasuk persiapan liburan. Bukan itu saja, di akhir tahun juga identik dengan musim nikahan. Artinya, pada akhir tahun ini akan banyak undangan pernikahan yang datang. Bahkan dalam seminggu bisa lebih dari satu undangan yang dikirim ke rumah baik yang hajat itu saudara, tetangga, teman kerja, teman semasa sekolah dan sebagainya.

Dengan begitu, maka bertambah juga pengeluaran setiap minggunya untuk memberi sumbangan atau sekadar membeli kado. Namun, saat tidak ada uang maka hal itu akan menjadi kendala.

Selain itu, ternyata banyak yang harus dipersiapkan, di luar  uang sumbangan dan kado. Kita juga harus mempertimbangkan ongkos atau biaya bensin, apalagi, kalau undangan tersebut datang dari luar kota.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, jika demikian maka undangan yang perlu didatangi dapat dipilah menurut skala prioritas. Tidak semua undangan pernikahan didatangai. Dengan demikian, maka kita dapat mengurangi pengeluaran setiap minggunya.

“Itu baru kalo kondangannya di dalam kota. Kalau di luar kota tentu lebih banyak lagi biayanya. Maka dari itu bila ternyata budgetnya terbatas, saya tidak menyarankan seseorang untuk hadir di setiap undangan. Tapi dipilih yang paling tidak enak untuk tidak hadir. Kalau memang akan memberi amplop bisa dititip aja ke yang datang,” ungkapnya seperti dilansir Okezone, Selasa (14/11/2017).

donasi perpustakaan masjid

Andi menambahkan, dana darurat sangatlah penting untuk saat seperti ini. Oleh karenanya, ia selalu menyarankan bagi keluarga untuk menyimpan minimal 10% dari penghasilan untuk dana darurat. Karena tidak perlu alokasi tabungan sendiri untuk budget kondangan cukup dengan dana darurat tersebut.

“Kalau menurut saya enggak perlu disiapkan pos pengeluaran spesial. Paling bisa diambilkan dari pos dana darurat yang sebesar 10% dari pengeluaran tiap bulannya,” tukasnya. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

983

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment