Amien Rais Berharap Buni Yani Dapat Putusan Bebas

PERCIKANIMAN.ID – –  Tokoh Reformasi yang juga mantan Ketua MPR, Amien Rais menghadiri sidang pembacaan vonis Buni Yani atas kasus posting-an video pidato Ahok di gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung di Jalan Seram, Selasa (14/11/2017).  Sebelum masuk ke ruang sidang, ia didaulat massa untuk memberikan orasinya.

Dalam orasinya dihadapan seribuan massa, Amien Rais mengajak umat Islam ikut membela Buni Yani. Ia meyakini bahwa Buni Yani telah dikriminalisasi atas unggahan videonya terhadap penistaan agama oleh Ahok yang telah divonis bersalah.

“Kita hadir ditempat ini untuk menjadi saksi bahwa keadilan di negeri ini masih ada. Mudah-mudahan hakim sidang ini memberikan ketuk palu yang berdasarkan keadilan, bukan 2 tahun seperti tuntutan jaksa. Tapi yang masuk akal. Syukur-syukur saudara Buni Yani dibebaskan. Andai tidak pun, masih ada usaha banding,” Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) ini

Sambil menyebut ayat Al Quran, Amien menegaskan bahwa  jika datang kebenaran maka kebatilan akan sirna. Dia pun mengajak massa untuk ikut berdoa agar Buni Yani mendapat keadilan yang seadil-adilnya.

” Mari kita berdoa kepada Allah Swt, mudah-mudahan usaha kita yang demokratis, yang konstitusional membela saudara kita, Buni Yani, dikabulkan Allah,” ucapnya.

Ia pun mengajak massa tetap tertib di lokasi dan jangan sampai terprovokasi. Umat Islam harus bersatu padu, jangan mau dipecah belah.

Tak lupa Amien Rais juga mengapresiasi Polri yang melakukan pengamanan di lokasi.

“Polisi ini adalah tonggak keamanan kita. Kita harus bekerja sama dengan Polri sebaik-baiknya. Walaupun mungkin ada oknum-oknum Polisis yang tidak beres, tapi itu biasa. Ulama juga ada yang nggak beres satu-dua,” sambung Amien.

Menutup orasinya, Amien berharap sidang vonis Buni ini berakhir dengan berita baik bangsa Indonesia khususnya Ummat Islam. Ia berharap Buni Yani dapat putusan bebas, kalau pun tidak hanya putusan ringan saja.

“Mudah-mudahan hari ini kita mendapat berita gembira, putusannya sejuk-sejuk saja. Andai kata enteng, sudahlah kita terima. Tapi kalau sampai misalnya terlalu berat, tentu kita akan mengupayakan kembali usaha hukum yang sekuat-kuatnya,” pungkasnya. [ ]

Hingga berita ini diturunkan suasana sidang masih melakukan pembacaan. Selain Amien Rais, tampak hadir dalam sidang antara lain Wakil Ketua Komisi VIII, Sodik Mudjahid, anggota DPD RI Fahira Idris, Neno Warisman, Komedian Kiwil dan yang lainnya. [ ]

 

Rep: iman

Editor: candra

(Visited 2 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment