Memelihara Binatang dalam Hukum Islam

burung

Pak Ustadz Aam, bagaimana hukumnya memelihara burung? (Hernawan via email)

 

Sebenarnya memelihara binatang itu dipersilahkan, yang tidak boleh adalah berbuat dzalim pada binatang. Misal anda memelihara burung tapi tidak pernah dikawinkan, nah itu adalah dzalim.

Nah juga yang bertanya, bagaimana kalau mengebiri kucing karena kasihan dengan birahinya. Kalau memang niatnya agar meredakan birahi kucing tersebut, itu tidak apa-apa karena berarti termasuk menolong kucing tersebut.

BACA JUGA : Bagaimana Hukum Memelihara Anjing di Rumah

Yang tidak boleh, apabila kucing tersebut sedang birahi tapi tidak pernah dipertemukan dengan pasangannya, itu akan menjadi dzalim. Karena tidak ingin mendzalimi, maka kucing tersebut disterilkan dengan cara dikebiri, ini salah cara untuk menyelamatkan kucing tersebut agar tidak menderita.

promooktober

Begitu pula dengan memelihara burung dan binatang lainnya. Jadi kalau kita ingin memelihara binatang itu boleh asalkan tidak didzalimi. Wallahu’alam bishawab.

 

Editor : Candra

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

BACA JUGA :

Binatang Ini Harusnya Jadi Karakteristik Seorang Muslim

Karakter Binatang Ini Layak Diteladani Manusia

(Visited 20 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment